Vietnam Pesaing Utama Investasi Indonesia

Selasa, 10 November 2015 - 21:00 WIB
Vietnam Pesaing Utama Investasi Indonesia
Vietnam Pesaing Utama Investasi Indonesia
A A A
JAKARTA - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) terus berupaya mendorong pengembangan kawasan industri guna meningkatkan daya tarik investasi di Indonesia. Salah satu negara yang menjadi saingan utama dalam upaya ini adalah Vietnam.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Franky Sibarani mengatakan, berbagai negara juga menitikberatkan pengembangan investasi di kawasan industri.

"Salah satu saingan kita adalah Vietnam, pesaing berat kita sebagai negara tujuan investasi utama ASEAN," ujarnya dalam siaran pers, Selasa (10/11/2015).

Dari data Financial Times, pada Januari-September 2015, Indonesia berhasil menarik FDI masuk ke ASEAN sebesar USD15,48 miliar (26%), sementara Vietnam USD11,61 miliar (19%).

BKPM telah melakukan kajian mengenai insentif-insentif yang diberikan Vietnam. Mereka mengembangkan kawasan industri melalui pemberian insentif, antara lain pemberian tarif pajak 10% selama 15 tahun pertama, pembebasan PPh Badan selama 4 tahun dan pengurangan sebesar 50% selama 9 tahun, pengurangan PPh perorangan sebesar 50%, importasi barang modal dan bahan baku pembebasan bea masuk impor selama 5 tahun sejak pertama produksi, dan perizinan melalui layanan PTSP di kawasan industri.

“Pemerintah Indonesia juga telah berupaya mengembangkan kawasan industri melalui pemberian insentif untuk kawasan industri, di antaranya usulan pelayanan izin investasi dan konstruksi di kawasan industri, serta penetapan kawasan industri sebagai pusat logistik," jelasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8626 seconds (0.1#10.140)