Hati-hati, Laju Rupiah Dibayangi Sentimen Negatif

Kamis, 12 November 2015 - 08:37 WIB
Hati-hati, Laju Rupiah Dibayangi Sentimen Negatif
Hati-hati, Laju Rupiah Dibayangi Sentimen Negatif
A A A
JAKARTA - Laju nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada hari ini memiliki peluang melanjutkan apresiasi, namun tetap mewaspadai sentimen negatif yang muncul.

Kepala Riset PT NH Korindo Securities Indonesia Reza Priyambada mengatakan, masih berlanjutnya penguatan memberikan ruang bagi Rupiah untuk dapat kembali melanjutkan tren kenaikannya meski jangka pendek.

"Kami pun turut berhadap penguatan tersebut dapat berlanjut meskipun kami sarankan untuk tetap mewaspadai dan tetap cermati sentimen yang akan muncul," ujar dia di Jakarta, Kamis (12/11/2015).

Dia memprediksi rupiah berdasarkan kurs tengah Bank Indonesia akan berada pada rentang Rp13.489-Rp13.586/USD.

Sementara laju rupiah kemarin masih melanjutkan penguatannya seperti halnya pergerakan sebelumnya yang mampu mengalami kenaikan di tengah laju USD yang bergerak naik terhadap sejumlah mata uang.

"Adanya rilis pertumbuhan produksi dan investasi China yang menunjukkan perlambatan memberikan tekanan pada laju yuan dan begitupun dengan sentimen dari dalam negeri yang belum sepenuhnya cukup positif," jelas Reza.

Namun, laju rupiah masih dapat bertahan menghijau. Meski masih ada imbas pemberitaan terkait rencana kenaikan suku bunga oleh Federal Reserve (The Fed) sudah mulai berkurang, sehingga pelaku pasar kembali masuk ke aset-aset mata uang beresiko, termasuk rupiah.

"Adanya sentimen dari rencana stimulus ECB yang berimbas pada penurunan indeks euro tidak terlalu memberikan efek negatif pada rupiah," imbuhnya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.0720 seconds (0.1#10.140)