21 Ribu Ton Beras Asal Vietnam Masuk Banten

Jum'at, 13 November 2015 - 19:24 WIB
21 Ribu Ton Beras Asal...
21 Ribu Ton Beras Asal Vietnam Masuk Banten
A A A
SERANG - Sebanyak 21 ribu ton beras asal Vietnam masuk ke Provinsi Banten melalui Pelabuhan Indah Kiat Merak untuk memenuhi persedian stok beras dalam negeri.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Kabag Humas) Bulog Sub Divre Serang-Cilegon Khairul mengatakan, impor beras sebanyak 21 ribu ton dari negara Vietnam itu akan didistribusikan ke beberapa daerah di Banten.

"Beras itu sebagian besar untuk pasokan di wilayah Tangerang sekitar 18 ribu ton beras. Kalau untuk wilayah kabupaten/kota Serang dan Cilegon hanya sekitar 3 ribu ton," kata Khairul saat dihubungi, Jumat (13/11/2015).

Menurutnya, kekeringan yang terjadi pada Agustus-November 2015 memicu mundurnya masa panen, dan gabah berkurang, bahkan persediaan beras untuk tahun depan berkurang. (Baca:JK: Beras Vietnam Akan Disebar ke Seluruh Daerah).

"Kita tidak bisa menargetkan beras 3 ribu ton ini dapat memenuhi kebutuhan masyarakat hingga kapannya. Karena disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat," jelasnya.

Lebih lanjut, Khairul menambahkan, masyarakat kesulitan mendapatkan pasokan beras akibat adanya berbagai bencana seperti gagal panen dan kekeringan. Beras impor itu dapat membantu untuk memenuhi stok dan cadangan beras nasional.

"Di situlah fungsi Bulog, jika di daerah mengalami kesulitan beras maka kita akan maksimalkan operasi pasar di sejumlah daerah," tandas dia.

Baca Juga:

Indonesia Batal Impor Beras dari Thailand

BPS Yakin Impor Bisa Tekan Harga Beras

Vietnam Tak Sanggup Penuhi Impor Beras Besar-besaran RI
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0669 seconds (0.1#10.140)