Asuransi Bintang Optimistis Raih Premi Bruto Rp327 M

Jum'at, 11 Desember 2015 - 08:30 WIB
Asuransi Bintang Optimistis Raih Premi Bruto Rp327 M
Asuransi Bintang Optimistis Raih Premi Bruto Rp327 M
A A A
JAKARTA - PT Asuransi Bintang Tbk (ASBI) optimistis premi bruto hingga tahun ini akan menembus Rp327 miliar, meski ekonomi dunia melambat. Bahkan, angka tersebut pertama kali dalam sejarah perusahaan mampu menembus Rp300 miliar.

"Hingga Oktober 2015 perseroan berhasil mencatat pertumbuhan premi bruto hingga 24,11% menjadi Rp244 miliar dibanding periode sama 2014 yang mencapai Rp197 miliar," kata Direktur Utama ASBI, Zafar Dinesh Idham dalam rilisnya kepada Sindonews, Jumat (11/12/2015).

Menurutnya, seluruh jenis asuransi mengalami pertumbuhan, dan pertumbuhan terbesar diperoleh dari jenis asuransi kendaraan bermotor dan varia. Jenis asuransi kendaraan bermotor tumbuh 89%, dan asuransi varia naik 27%, sejalan dengan strategi perseroan untuk menyeimbangkan portofolio produksi pada produk-produk yang diretensi sendiri.

Sementara, dari sisi jalur distribusi yang ada, pembiayaan, telemarketing, agen, bank, broker, direct dengan proporsi yang hampir merata di setiap jalur distribusi.

Di sisi lain, unit usaha syariah terjadi penurunan kontribusi sebesar 16%, terutama pada jenis asuransi kendaraan seiring strategi perseroan dalam menyeimbangkan portfolio produk dan juga kontribusi dari jalur distribusi yang dimiliki perusahaan.

"Namun, jenis asuransi kesehatan berhasil menutupi penurunan asuransi kendaraan bermotor dengan tumbuh hampir 100%," ujarnya.

Dia menerangkan, komposisi produksi unit usaha syariah masih didominasi kedua jenis asuransi tersebut, walaupun jenis asuransi lain seperti properti sudah mulai tumbuh.

Dari sisi jalur distribusi, pertumbuhan jalur distribusi agen, bank, direct bisnis dan juga telemarketing tumbuh signifikan, kecuali produk kendaraan bermotor dari jalur distribusi broker dan agen, yang dalam hal ini berkaitan dengan perubahan besarnya uang muka pembiayaan yang ditetapkan regulator.

Zafar mengatakan, kemampuan perusahaan dalam beradaptasi dengan permintaan pasar dan kondisi ekonomi, dalam berkreasi menciptakan produk baru dan membuat kerja sama-kerja sama baru, menambah jalur distribusi, dalam teknologi informasi yang dibangun dengan kekuatan internal dan mampu bersaing dikelasnya, menghasilkan laba yang berkesinambungan dalam lima tahun terakhir.

"Pada akhirnya dapat meningkatkan ekuitas Perusahaan secara organic dari Rp94 miliar pada 2011 hingga Rp168 miliar diakhir 2015. Ini wujud terpenuhinya visi perusahan untuk menjadi penyedia solusi asuransi yang terkemuka dalam profitabilitas melalui kemampuan beradaptasi, berkreasi dan teknologi," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5166 seconds (0.1#10.140)