Penyebab Produktivitas Buruh di Indonesia Rendah

Jum'at, 25 Desember 2015 - 05:44 WIB
Penyebab Produktivitas Buruh di Indonesia Rendah
Penyebab Produktivitas Buruh di Indonesia Rendah
A A A
JAKARTA - Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) mengungkapkan, penyebab rendahnya kinerja buruh di Tanah Air. Menurutnya, kondisi ini bukan karena malas melainkan upah yang masih rendah sehingga pekerja tidak berkeinginan meningkatkan produktivitas.

"Tingkat upah kita masih rendah, kita jauh di bawah Thailand, Malaysia, Singapura, dan Filipina. Bagaimana produktivitas bisa tinggi kalau upahnya murah?" ujar Presiden KSPI Said Iqbal di Jakarta, belum lama ini.

Selain soal upah, kata Said, jaminan sosial yang diberikan pemerintah dan penyelenggara juga dinilai belum menyentuh semua kalangan buruh. Ini membuat peningkatan produktivitas bukan menjadi prioritas pekerja.

"Produktivitas harus seiring dengan kesejahteraan, jaminan pensiun, jaminan kesehatan, dan jaminan sosial. Produktivitas harus ditingkatkan seiring dengan peningkatan kesejahteraan," paparnya.

Said melanjutkan, para pekerja di Tanah Air juga dinilai kalah bersaing karena tingkat pendidikan masih rendah. Untuk itu, pemerintah diminta segera membenahinya.

"Data dari BPS, tingkat pendidikan buruh Indonesia 70% SMP ke bawah. Pemerintah harus dorong pendidikan wajib belajar 12 tahun atau sampai SMA. Jadi kalau melihat kesiapan Indonesia, masih jauh," tandasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5543 seconds (0.1#10.140)