Trayek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Harus Cepat Diamankan

Senin, 11 Januari 2016 - 13:36 WIB
Trayek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Harus Cepat Diamankan
Trayek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Harus Cepat Diamankan
A A A
JAKARTA - Kereta cepat yang akan dibangun dengan trayek Jakarta-Surabaya diimbau harus segera diamankan. Pemerintah bisa melakukan antisipasi sebelum naiknya harga tanah di sepanjang jalur yang akan dilalui kereta cepat tersebut.

Direktur Eksekutif Infrastructure Partnership & Knowledge Center (IPKC) Harun Alrasyid Lubis mengatakan, daerah yang akan dilewati kereta cepat Jakarta-Surabaya harus diamankan. Sebab, masih ada waktu 10 tahun.

"Kereta cepat Jakarta-Surabaya baru dibangun 2025, 10 tahun lagi. Masih lama tapi beres tidak harga tanahnya sampai Surabaya. Segera amankan right of way atau trasenya, lewat mana, amankan dari sekarang," ujarnya di Jakarta, Senin (11/1/2016).

Dia menjelaskan, meski masih akan dibangun 10 tahun lagi bukan berarti persiapan tidak dilakukan secepatnya. Jika telat, diyakini penggunaan lahan makin padat.

"Perkara mau dibangun lima atau sepuluh tahun lagi. Kalau tidak, nanti makin padat, mahal, susah," katanya.

Dia mengkritik salah satu daerah yang akan dilewati yaitu Bandung. Menurutnya, hal itu tidak efektif karena sudah dibangunnya tol dari Bandung menuju Jakarta.

"Pertanyaan yang sering, kenapa lewat Bandung? Tidak langsung saja. Kenapa belok ke Bandung? Jalan tol juga ke sana, dari Pantai Utara, kereta kita sudah ada, kenapa tidak bangun di situ?" pungkasnya.

Baca Juga:

Kereta Cepat Jakarta-Bandung Sedot Pasar Travel

Kereta Cepat Dinilai Jadi Alat Diplomasi RI-China
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6242 seconds (0.1#10.140)