Perluas Peran Bulog Cara Darmin Kendalikan Harga Sembako

Senin, 11 Januari 2016 - 21:15 WIB
Perluas Peran Bulog Cara Darmin Kendalikan Harga Sembako
Perluas Peran Bulog Cara Darmin Kendalikan Harga Sembako
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Darmin Nasution menegaskan pemerintah terus melakukan sejumlah upaya untuk mengendalikan harga barang kebutuhan pokok (sembako) yang mahal namun tanpa menurunkan pendapatan petani. Pasalnya Dia menilai selama ini meningkatkan pendapatan petani dilakukan dengan cara menaikkan harga beras.

"Tentu ekonomi harus berkembang, kedua, bagaimana caranya meningkatkan penerimaan petani tanpa membuat inflasi. Karena penerimaan petani bisa berubah dengan menaikkan harga beras," jelasnya di Gedung BKPM, Jakarta, Senin (11/01/2016).

"Tapi bagaimana caranya supaya bukan itu yang dilakukan, tapi bagaimana membuat jaringan distribusi lebih efisien. Sehingga petani tetap mendapatkan lebih banyak, dan konsumen mendapatkan harga pangan lebih murah," sambungnya.

Mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) ini menambahkan, peran Perum Bulog juga harus diperluas, sehingga distribusi pangan ke berbagai daerah dapat lebih efisien dan tidak menimbulkan lonjakan harga.‎

"Salah satu yang sudah dipersiapkan sekarang adalah Perum Bulog akan diperluas tugasnya. Supaya jaringan logistik dari pedesaan itu makin efisien," ungkapnya.

Sementara terkait jumlah angka kemiskinan di Tanah Air, pihaknya mengaku belum dapat menyimpulkan apa yang menjadi penyebabnya. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah penduduk miskin Indonesia pada September 2015 mencapai 28,51 juta orang, bertambah 780 ribu orang dibanding September 2014 sebanyak 27,73 juta orang.

"Saya belum lihat datanya, jadi belum bisa berkomentar, apakah itu terkait dengan persoalan harga, apakah harga pangan. Saya belum lihat faktornya," tandasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7817 seconds (0.1#10.140)