Maroef Dinilai Ingin Bersihkan Freeport dari Makelar

Selasa, 19 Januari 2016 - 14:01 WIB
Maroef Dinilai Ingin Bersihkan Freeport dari Makelar
Maroef Dinilai Ingin Bersihkan Freeport dari Makelar
A A A
JAKARTA - Staf Khusus Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Said Didu menilai, Maroef Sjamsoeddin yang baru mengundurkan diri sebagai presiden direktur PT Freeport Indonesia menginginkan perusahaan tambang asal Amerika Serikat ini bersih dari makelar.

(Baca: Presdir Freeport Maroef Sjamsoeddin Mengundurkan Diri)

"Kita tahu beliau (Maroef) ingin Freeport bersih dari makelar. Kita juga tahu pola kerja Pak Maroef selama ini orangnya terbuka. Ingin Freeport agar diketahui publik, sehingga banyak media yang diundang ke sana (ke Papua)," kata dia kepada Sindonews, Selasa (19/1/2016).

Seperti yang dilakukan Maroef terkait skandal rekaman Freeport Indonesia yang diduga melibatkan Setya Novanto, Maroef Sjamsoeddin, M Riza Chalid, dan Menteri ESDM Sudirman Said.

Dia juga tidak tahu pengganti Maroef di Freeport akan bersih dari mafia atau tidak. Pemerintah hanya berharap penggantinya bisa melakukan seperti yang dilakukan Maroef. (Baca: Maroef Tinggalkan Freeport, Ada Permainan Tingkat Tinggi)

"Kita berharap bahwa penggantinya juga melakukan hal yang sama. Membuka Freeport agar diketahui publik, membersihkan Freeport dari makelar," tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, Maroef Sjamsoeddin mengundurkan diri dari jabatannya yang diemban selama satu tahun. Dalam memo yang dikirimkan kepada manajemen Freeport tertanggal 18 Januari 2016, mantan wakil kepala Badan Intelijen Negara (BIN) ini menolak perpanjang‎an masa jabatan yang ditawarkan dari pimpinan Freeport McMoran. (Baca: Ini Alasan Maroef Mundur dari Presdir Freeport)

Surat pengajuan pengunduran dirinya ini juga telah diajukannya kepada manajemen perusahaan tambang asal Amerika Serikat (AS) tersebut. Saat dikonfirmasi Sindonews, Juru Bicara Freeport ‎Riza Pratama mengakui bahwa atasannya tersebut telah mengajukan pengunduran diri dari raksasa tambang Paman Sam tersebut.

"Iya beliau (Maroef Sjamsoeddin) resign (dari Freeport)," singkatnya kepada Sindonews di Jakarta, kemarin.

Baca Juga:

Freeport Gelar Seleksi Cari Pengganti Maroef Sjamsoeddin

Maroef Petinggi Freeport Pertama yang Berani Rayakan Kemerdekaan RI

Bos BEI Sebut Harga Saham Freeport Murah
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3457 seconds (0.1#10.140)