Mendag: Sudah Rahasia Umum Data Pangan Berbeda

Rabu, 27 Januari 2016 - 18:27 WIB
Mendag: Sudah Rahasia Umum Data Pangan Berbeda
Mendag: Sudah Rahasia Umum Data Pangan Berbeda
A A A
JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Thomas Trikasih Lembong mengatakan adanya perbedaan data komoditas bahan pokok antara Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Kementerian Pertanian (Kementan) sudah menjadi rahasia umum.

Menurutnya, masyarakat seolah sudah terbiasa dengan data pangan dua kementerian tersebut yang simpang siur. Data dan informasi yang tersaji memang tidak rapi dan menimbulkan keraguan di masyarakat.

"Saya kira sudah rahasia publik data kita simpang siur, berantakan dan akhirnya kebijakan di pusat saja simpang siur, karena data yang enggak beres. Positifnya kalau mau benahi suatu masalah, kita harus mengakuinya," tutur dia di Hotel Borobudur Jakarta, Rabu (27/1/2016).

Mendag mengakui sudah sepantasnya membenahi data ini lantaran data di lapangan yang sesuai sangat kurang sekali. "Saya enggak terlalu sedih, marah, kita akui secara jujur dan mulai membenahinya. Informasi data kurang sekali, saya cukup yakin dengan semangat anak muda, itu juga bisa membantu," katanya.

Sementara, dalam menanggapi perbedaan pendapat antar dua kementerian ini, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, masing-masing kementerian tersebut punya metode dan pandangannya sendiri, jadi data yang tersaji bisa saja berbeda.

"Mereka data-data yang disajikan berbeda, karena metodenya masing-masing. Kan ada kantor menko yang akan mencari jalan. Jadi enggak usah khawatir," katanya.

Darmin mengatakan, sejauh ini pihaknya punya kesepakatan untuk semua komoditi pangan penting itu perkiraan produksinya ada dan kebutuhannya juga tercantum.

"Kita punya datanya, produksinya berapa, Kebutuhannya gimana? Impornya berapa banyak, itu ada. Di situ diumumkan berkali-kali bahwa impornya berapa ada," pungkas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7794 seconds (0.1#10.140)