Rupiah Diramal Lanjutkan Penguatan

Senin, 01 Februari 2016 - 07:58 WIB
Rupiah Diramal Lanjutkan...
Rupiah Diramal Lanjutkan Penguatan
A A A
JAKARTA - Laju rupiah pada hari ini diperkirakan dapat kembali melanjutkan penguatannya jelang rilis data-data ekonomi Tanah Air.

"Selain itu, capital inflow yang terlihat kembali masuk baik di ekuitas maupun obligasi membuat kami semakin optimis terhadap penguatan lanjutan," ujar Kepala Riset PT NH Korindo Securities Indonesia Reza Priyambada di Jakarta, Senin (1/2/2016).

Rupiah di akhir pekan kemarin kembali menunjukkan penguatannya seiring harga minyak dunia yang turut melanjutkan penguatannya. Dia memprediksi rupiah akan berada di level support Rp13.700/USD serta resisten Rp13.650/USD.

Reza mengatakan, laju USD terlihat masih melanjutkan pelemahannya terhadap beberapa mata uang dunia. Pelemahan ini terjadi seiring sentimen minyak dunia yang terus melanjutkan penguatannya.

Pelaku pasar terlihat kembali melakukan aksi jual terhadap USD seiring harga minyak yang kembali menguat. Para investor terlihat melakukan hedging guna menyeimbangkan portofolionya di tengah kondisi ekonomi yang masih belum pasti.

Lalu, terkait pernyataan The Fed yang masih menyampaikan pandangan ketidakpastian terhadap perekonomian global membuat laju USD masih melemah.

Meskipun GDP AS yang kembali menunjukkan pertumbuhan, namun keadaan tersebut masih dianggap belum cukup untuk menopang penguatan laju USD.

"Dari dalam negeri, penguatan rupiah pun turut ditopang langkah lembaga pemeringkat Moody's Investors Service yang kembali mengafirmasi peringkat Indonesia pada level layak investasi (invesment grade)," pungkas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9016 seconds (0.1#10.140)