Penguatan Rupiah Diramal Berlanjut

Selasa, 02 Februari 2016 - 08:26 WIB
Penguatan Rupiah Diramal...
Penguatan Rupiah Diramal Berlanjut
A A A
JAKARTA - Laju rupiah pada hari ini diramal lanjutkan penguatan. Selain itu, capital inflow yang masih kembali masuk baik di ekuitas maupun obligasi diharapkan dapat mempertahankan laju kenaikan lanjutan.

"Hingga ulasan ini ditulis, rupiah berada di level Rp13.635/USD di pasar spot valas atau cenderung mengalami peningkatan," ujar Kepala Riset PT NH Korindo Securities Indonesia Reza Priyambada di Jakarta, Selasa (2/2/2016).

Reza mengatakan, masih adanya sentimen positif memberikan ruang bagi rupiah untuk dapat bertahan di zona hijau. Dia memprediksi rupiah berada di level support Rp13.780/USD serta resisten Rp13.545/USD.

Rilis inflasi yang dianggap masih dalam kisaran stabil memberikan sentimen positif pada laju rupiah. Bahkan imbas keputusan Bank of Japan (BoJ) tidak banyak berdampak pada perkembangan laju rupiah.

Dampak dari keputusan BoJ yang menerapkan suku bunga negatif berimbas pada yen yang terus mengalami pelemahan. Langkah BoJ ini guna menghidupkan kembali perekonomian Jepang agar bangkit dari keadaan deflasi. Alhasil, pelaku pasar terlihat terus melakukan tekanan jualnya terhadap yen.

Aksi tersebut akibat dampak dari penerapan suku bunga negatif sehingga berimbas langsung pada mata uang yen itu sendiri.

Sementara, mata uang negara-negara berkembang kecuali rupiah, terpukul oleh angka manufaktur China yang lemah sehingga memicu kekhawatiran terhadap negara dengan perekonomian terbesar di dunia.

"Pelaku pasar kembali melakukan tekanan jual terhadap yuan yang terlihat, di mana Laju yuan terhadap USD pada perdagangan kemarin terlihat melemah 0,25% di level 6,61," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7019 seconds (0.1#10.140)