Kadin: Swasembada Sapi Ancam Pengusaha Daging Olahan Gulung Tikar

Rabu, 24 Februari 2016 - 20:40 WIB
Kadin: Swasembada Sapi Ancam Pengusaha Daging Olahan Gulung Tikar
Kadin: Swasembada Sapi Ancam Pengusaha Daging Olahan Gulung Tikar
A A A
JAKARTA - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) mencemaskan wacana swasembada sapi yang akan dilakukan pemerintah, bakal memaksa pengusaha khususnya daging olahan melakukan pengoplosan daging karena kekurangan pasokan. Pasalnya produksi dalam negeri dinilai belum mampu memenuhi konsumsi nasional dan memasok sektor industri.

Wakil Ketua Kadin Sarman Simanjorang mencemaskan kebijakan pemerintah itu akan menimbulkan kelangkaan daging sapi di pasaran. Bahkan menurutnya bukan tidak mungkin industri makanan daging sapi olahan akan gulung tikar dan melakukan oplos daging ilegal.

"Kalau sampai terjadi, pedagang-padagang bakso kelimpungan nyari daging sapi, siap-siap saja itu bakso yang dimakan orang-orang dioplos sama celeng. Atau malah daging celeng 100%," jelasnya di Jakarta, Rabu (24/2/2016).

(Baca Juga: Swasembada Sapi Bakal Buat Pelaku Usaha Menjerit)

Dia menambahkan jika pemerintah tetap memaksa swasembada sapi dan menutup kran impor, maka dicemaskan akan menimbulkan kelangkaan. ‎Kebutuhan daging sapi dalam negeri tercatat sebesar ‎674.690 ton tahun 2016 dan akan bertambah setiap tahunnya. Dari kebutuhan nasional sejumlah itu, hanya 441.761 ton yang dapat dipenuhi dari lokal.

Menurutnya hal tersebut tidak dipungkiri membuat pedagang atau industri pengolahan daging sapi tutup di tengah situasi dan kondisi ekonomi Indonesia yang sedang melambat. "Terus nanti mereka gulung tikar. Tidak melanjutkan jualannya karena daging sapi langka. Ini bahaya sekali," pungkasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6226 seconds (0.1#10.140)