InnovAstra Total Lahirkan Jutaan Proyek

Kamis, 25 Februari 2016 - 11:46 WIB
InnovAstra Total Lahirkan Jutaan Proyek
InnovAstra Total Lahirkan Jutaan Proyek
A A A
JAKARTA - PT Astra International Tbk coba menularkan budaya inovasi dengan menggelar ajang tahunan InnovAstra yang mewadahi Insan Astra di seluruh tanah air untuk menampilkan kemampuan berinovasi. Tema yang diangkat dalam pelaksanaan yang ke-32 tahun ini adalah Bringing Up the Next Landscape.

“Penyelenggaraan acara ini membuktikan bahwa InnovAstra merupakan cerminan konsistensi dan keyakinan Insan Astra untuk terus menerus berusaha melakukan yang terbaik demi membangun Astra dari waktu ke waktu," ujar Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto dalam keterangan tertulis, Jakarta, Kamis (25/2/2016).

Dia menambahkan hasilnya dari InnovAstra dapat dilihat dengan berkembangnya Astra dan menjadi salah satu aset bangsa negeri ini yang pada gilirannya diharapkan menjadi perusahaan kebanggaan bangsa (Pride of the Nation). Lanjut dia, kinerja yang telah dicapai merupakan hasil dari suatu proses.

Menurutnya ini merupakan sebuah keyakinan bahwa proses yang baik akan membuahkan hasil yang baik dengan unsur 3W (Winning Team, Winning Concept dan Winning System). Dengan Winning Team, Astra meyakini bahwa bila bersama-sama, seluruh Insan Astra bisa menghadapi setiap peluang dan tantangan bisnis.

Winning Concept yang tepat akan memperbesar peluang perusahaan untuk memenangkan persaingan melalui strategi yang unggul. Sedangkan melalui Winning System, dapat dipastikan strategi akan terlaksana dengan baik.

“Pada tahapan new landscape ini, artinya bukan melalui penambahan portofolio yang baru, namun terobosan dalam model bisnis, proses bisnis dan juga model organisasi yang tepat, yang tentunya sejalan dengan semangat inovasi dalam pelaksanaan Innovastra ke-32 ini,” tandasnya.

Astra memaknai inovasi sebagai sebuah keharusan dalam berkarya pada tiap-tiap bidang serta merupakan sumbangsih bagi kemajuan dan keberhasilan negeri. Inilah semangat yang mendorong Astra untuk mewujudkan cita-cita menjadi kebanggaan bangsa pada tahun 2020 bersama dengan 222.029 Insan Astra dari 197 perusahaan.

Pencapaian Proyek InnovAstra 2016

Ada lima kategori yang dilombakan dalam ajang InnovAstra setiap tahunnya. Pada tahun 2016 ini, rincian proyek-proyek InnovAstra adalah sebagai berikut:

1. Kategori Suggestion System (SS) atau Sistem Saran adalah improvement dan inovasi kategori individu menghasilkan 733.907 proyek.
2. Kategori Quality Control Circle (QCC) merupakan improvement dan inovasi kategori tim dalam satu departemen menghasilkan 8.098 proyek.
3. Kategori Quality Control Project (QCP) adalah improvement dan inovasi kategori tim lintas departemen dalam satu divisi menghasilkan 1.149 proyek.
4. Kategori Business Performance Improvement (BPI) adalah improvement dan inovasi kategori tim lintas divisi dalam satu perusahaan menghasilkan 92 proyek.
5. Kategori Value Chain Innovation (VCI), yang baru dimulai sejak tahun 2013, adalah improvement dan inovasi kategori tim lintas perusahaan menghasilkan 25 proyek.

Sehingga total proyek yang dihasilkan dari lima kategori di atas mencapai 743.271 proyek. Sementara itu, dari awal pelaksanaan pada tahun 1980 hingga tahun ini, jumlah total proyek dari seluruh kategori sejak awal pelaksanaan hingga kini adalah 6.691.989 proyek.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9674 seconds (0.1#10.140)