Keuntungan Menggunakan Kartu Debit yang Perlu Diketahui

loading...
Keuntungan Menggunakan Kartu Debit yang Perlu Diketahui
Keuntungan Menggunakan Kartu Debit yang Perlu Diketahui
Keuntungan Menggunakan Kartu Debit yang Perlu Diketahui
MENABUNG di bank dan melakukan transaksi menggunakan kartu debit merupakan salah satu cara mendukung gerakan nasional non tunai yang dicanangkan Bank Indonesia.

Bukan sekadar asal dukung, mengoptimalkan alat bayar non tunai seperti kartu debit memang praktis, mudah, dan meningkatkan akses publik ke dalam sistem pembayaran yang serba tercatat, hingga sirkulasi uang lebih efisien dan aman. Belum lagi peluang mendapatkan keuntungan tambahan berupa hadiah dari bank terkait.

Pihak industri perbankan diuntungkan karena bisa mengelola dana nasabah yang melakukan transaksi dengan kartu debit. Selain itu juga lebih efisien, karena biaya percetakan, penerbitan, dan perawatan uang tunai, baik kertas maupun logam, dapat ditekan. Sehingga biaya yang mestinya dikeluarkan dapat dialokasikan ke urusan lain yang lebih diperlukan masyarakat.

Sedangkan bagi masyarakat, menyimpan dana di bank dan menggunakan kartu debit mempermudah kegiatan transaksi sehari-hari, dan aman karena bisa menghindarkan kita dari kehilangan uang. Bagaimana pun uang tunai adalah benda yang membutuhkan tempat. Apabila tempat yang kita sediakan salah, maka uang kita pun berisiko rusak; misal, terendam atau terbakar. Bisa juga hilang karena dicuri orang, tercecer, dan lain sebagainya, yang berakhir pada kehilangan.

Kartu debit pun benda yang sebetulnya juga tidak kebal dari kerusakan atau risiko kehilangan. Wujudnya yang ringkas membuat kartu debit membebaskan kita dari potensi kerepotan. Penyimpanannya pun lebih mudah. Dan ketika kartu debit kita hilang tercecer, dicuri, atau rusak terbakar, uang yang kita miliki juga tetap aman. Bayangkan, kalau risiko itu terjadi pada uang tunai, maka uang kita habis begitu saja.

Sementara pada kartu debit, kita hanya perlu datang atau menelpon ke kantor cabang supaya memblokir kartu debit kita, untuk kemudian kita akan mendapat kartu debit baru secara gratis. Saat melakukan transaksi dengan kartu debit, kita melakukan pembayaran sesuai banderol harga produk yang dibeli, sehingga kedua pihak dalam transaksi jual beli tidak ada yang dirugikan.



Karena, seperti yang kita tahu, banyak toko tidak menyediakan uang pecahan kecil seperti seratus, lima ratus, bahkan seribu rupiah untuk uang kembalian. Biasanya mereka mengganti pecahan itu dengan permen atau produk lain yang belum tentu kita butuhkan. Tapi ketimbang rugi lebih banyak, ya kita terima saja. Padahal, meski seratus sampai lima ratus rupiah, tentu menjengkelkan kalau kita dirugikan tiap kali berbelanja.

Lalu, seperti yang kita ketahui, ada pula alat bayar non tunai lain bernama kartu kredit. Tapi, meski sama praktisnya, kartu debit tetap memiliki sederet keuntungan dibandingkan kalau kita menggunakan kartu kredit.

Kenapa? Karena pada penggunaan kartu kredit, kita dikenakan beban bunga tiap kali transaksi. Gampangnya, semakin besar transaksi yang kita lakukan, maka makin bertambah pula nilai bunga yang mesti dibayar nantinya, terutama bila kita tidak melakukan pembayaran sesuai nilai tagihan.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top