Menkeu Manfaatkan Hari Raya untuk Dongkrak Ekonomi Nasional

Senin, 06 Juni 2016 - 18:58 WIB
Menkeu Manfaatkan Hari Raya untuk Dongkrak Ekonomi Nasional
Menkeu Manfaatkan Hari Raya untuk Dongkrak Ekonomi Nasional
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan, ada beberapa triger (pendorong) di kuartal II hingga IV yang mampu mendongkrak ekonomi Indonesia menjadi lebih baik lagi. Hal ini mengingat saat pertumbuhan ekonomi di kuartal I 2016 tercatat hanya 4,92%.

Namun demikian, kata dia, angka tersbeut masih lebih baik karena inflasi stabil sehingga konsumsi rumah tangga terjaga. Realisasi belanja pemerintah relatif tinggi, proyek infrastruktur berlanjut dari tahun sebelumnya meskipun pertumbuhan ekspor impor masih melemah.

"Kuartal II ke depan, ada beberapa hal yang bisa kita manfaatkan untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi Indonesia. Salah satunya Ramadhan, dimana konsumsi masyarakat di sana bisa meningkat," kata Bambang dalam rapat kerja bersama anggota Dewan di Komisi XI, Jakarta, Senin (6/6/2016).

Selain itu, konsumsi pemerintah dan investasi diperkirakan tetap tinggi dan realisasi belanja sudah mencapai 34%. Ini akan berpengaruh ke pertumbuhan ekonomi kuartal II meski kondisi ekspor impor membaik namun masih jauh dari optimal.

(Baca: Indonesia Harus Waspadai Tiga Risiko Global Ini)

Kuartal III, adanya perayaan Idul Fitri yang akan mempengaruhi kegiatan konsumsi karena ada pencairan gaji ke-13 dan THR serta kegiatan ekspor impor diharapkan kembali ke teori positif.

"Sedangkan untuk kuartal keempat, ada Natal dan Tahun baru yang juga akan mendorong konsumsi dan belanja. Karena biasanya itu ada libur panjang. Kemudian ada penumpukan realisasi dan penyerapan belanja pemerintah serta perbaikan di investasi," tutup dia.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6135 seconds (0.1#10.140)