Agresif Ekspansi, Pefindo Ganjar Outlook Jasa Marga Negatif

Selasa, 21 Juni 2016 - 19:27 WIB
Agresif Ekspansi, Pefindo Ganjar Outlook Jasa Marga Negatif
Agresif Ekspansi, Pefindo Ganjar Outlook Jasa Marga Negatif
A A A
JAKARTA - PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) memberikan PT Jasa Marga Tbk (JSMR) outlook negatif karena ekspansi yang agresif. Dalam jangka pendek dan menengah bisa berisiko ke bisnis jalan tol perusahaan.

Analis Pefindo Gifar Indra Sakti menjelaskan, agresifnya perusahaan terlihat dari rencana belanja modal yang dibiayai utang dalam jumlah besar untuk jangka waktu pendek. Pinjaman itu digunakan untuk membiayai pembangunan jalan tol secara bersamaan.

"Kamu melihat ekspansi Jasa Marga butuh modal besar. Sehingga, jangka pendek ke menengah cenderung agresif dan risiko ke bisnis pembangunan jalan tol baru karena arus lalu lintas yang masuk tol baru pengaruhi perkembangan anak usaha Jasa Marga dari tol yang baru buka," ujarnya di Jakarta, Selasa (21/6/2016).

Gifar menyampaikan, pinjaman besar tersebut dapat meningkatkan leverage keuangan dan melemahkan perlindungan arus kas. Sebab, EBITDA yang dihasilkan dari ruas tol baru masih relatif kecil atau ciri khas sektor infrastruktur dengan imbal hasil jangka panjang.

Bahkan, lanjut dia, peringkat perusahaan akan diturunkan jika struktur permodalan lemah. "Jika struktur permodalan perusahaan melemah dengan rasio utang terhadap EBITDA melebihi lima kali yang tergolong agresif untuk kategori peringkat," katanya.

Sementara, outlook akan bisa berubah jadi stabil jika belanja modal perusahaan dilakukan lebih bertahap dari yang diperkirakan. Dengan rasio utang terhadap EBITDA relatif stabil pada level kurang dari lima kali secara berkelanjutan.

"Kami melihat Jasa Marga masih posisi dominan di industri tol Indonesia meski persaingan meningkat dengan ada pemain baru. Jasa Marga berpotensi mencatat pertumbuhan lebih tinggi dengan kenaikan ruas tol pada 2015 dari 11 ruas tol yang dikelola," pungkas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7397 seconds (0.1#10.140)