Bank BRI Bertransformasi Jadi Perbankan Modern

Kamis, 30 Juni 2016 - 00:01 WIB
Bank BRI Bertransformasi Jadi Perbankan Modern
Bank BRI Bertransformasi Jadi Perbankan Modern
A A A
JAKARTA - Memasuki era digital, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (Bank BRI) bertransformasi menjadi perbankan yang mengusung teknologi modern. Hal ini diwujudkan dengan peluncuran satelit komunikasi BRIsat.

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin mengemukakan, teknologi satelit dan teknologi informasi merupakan kebutuhan primer di era digital. Di sini setiap perusahaan dituntut bisa mengikuti perkembangan teknologi.

"Teknologi satelit mempercepat dan memudahkan komunikasi suara, gambar dan data. Perbankan modern mutlak memerlukan teknologi satelit,” ujarnya.

Sebelumnya, Direktur Utama Bank BRI Asmawi Syam mengatakan, peluncuran BRISat diharapkan bisa menjangkau dan melayani seluruh masyarakat Indonesia dari Sabang hingga Merauke. Perseroan membangun BRISat, maka akan memperkuat dan mengoptimalkan jaringan Bank BRI baik konvensional maupun online.

Menurutnya, kebutuhan sarana komunikasi satelit menjadi semakin besar karena variasi model jaringan kerja yang dikembangkan oleh Bank BRI. Beberapa inovasi yang dikembangkan perseroan yang bersifat mobile, antara lain Teras Mobil dan Teras Kapal, yang hanya dapat dilakukan secara ekonomis melalui sarana komunikasi satelit.

Peningkatan kebutuhan Bank BRI terhadap jaringan komunikasi satelit diperkirakan akan sulit dipenuhi dari pasokan transponder penyelenggara satelit Indonesia. Mengingat ketersediaan transponder di Tanah Air jumlahnya terbatas. Sebab itu, program Satelit BRI diharapkan dapat memberi solusi untuk mengurangi kelangkaan transponder di Tanah Air.

"Kita akan membangun digital banking, yang akan menjadi backbone-nya adalah IT, dengan BRISat semua orang akan menjadi bank bagi dirinya sendiri," tandasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7947 seconds (0.1#10.140)