Menteri ESDM Tinjau Stok BBM di Terminal BBM Plumpang

Senin, 04 Juli 2016 - 11:38 WIB
Menteri ESDM Tinjau Stok BBM di Terminal BBM Plumpang
Menteri ESDM Tinjau Stok BBM di Terminal BBM Plumpang
A A A
JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said semalam mengunjungi terminal bahan bakar minyak (BBM) Jakarta Group yang berlokasi di Plumpang, Jakarta Utara. Kunjungan tersebut dalam rangka meninjau ketersediaan pasokan BBM jelang Hari Raya Idul Fitri.

Terminal BBM Plumpang beroperasi sejak 1974. BBM dipasok dari TBBM Balongan dan TBBM Tanjung Priok. Dengan area seluas 48.35 Ha, TBBM Plumpang mempunyai throughput rata-rata 18.597 kilo liter (KL) per hari dengan area operasi di Jakarta, Bogor, Banten, Bekasi, Depok, Karawang dan Sukabumi.

"Dengan melakukan kunjungan ini, kami ingin memastikan pasokan BBM aman karena diperkirakan kebutuhan BBM akan mengalami lonjakan permintaan selama libur Lebaran ini, seperti data yang dilaporkan bahwa saat puncak arus mudik, kebutuhan BBM akan naik 50% di atas DOT," kata dia dalam rilis yang diterima Sindonews di Jakarta, Senin (4/7/2016).

Dia mengapresiasi langkah Pertamina untuk memenuhi pasokan BBM jelang dan selama libur Lebaran. Apalagi, sejauh ini tidak ada laporan dan masalah yang terjadi dalam distribusi BBM selama periode tersebut.

"Tim Satgas BBM Pertamina tetap menjalankan tugas melayani masyarakat agar dapat berlebaran dan berkumpul bersama keluarga dengan nyaman. Sampai hari ini tidak ada laporan dan masalah. Teman-teman bagian distribusi hampir 100% tidak libur. Ini harus diketahui masyarakat. Demikian juga dengan divisi pengolahan, kesiagaan diatas 50%," imbuhnya.

Mantan Bos PT Pindad (Persero) ini mengingatkan agar Satgas BBM Pertamina tetap waspada, termasuk saat hari Raya Idul Fitri. "Tetap harus waspada, termasuk pada hari H (Idul Fitri), terutama di SPBU tempat masyarakat berada. Selain berkumpul bersama keluarga, masyarakat juga berkeliling ke kerabat atau ke tempat-tempat rekreasi," tutur dia.

Direktur Utama Pertamina Dwi Sucipto mengucapkan terima kasih atas kunjungan Menteri ESDM ke Plumpang untuk memberikan semangat kepada Tim Satgas BBM. "Terima kasih atas kehadiran Menteri ESDM beserta tim, semoga kedatangan Bapak malam ini dapat memberikan support dan semangat kepada Satgas BBM Pertamina," ungkap Dwi.

Dalam kesempatan sama, Direktur Pemasaran PT Pertamina (Persero), Ahmad Bambang memaparkan bahwa hingga hari ini, secara umum persediaan masih bagus dengan rata-rata persediaan di atas 20 hari. "Sampai H-4 stok masih bagus, premium 21 hari, solar 26 hari. Ini belum termasuk stok yang ada di SPBU sebesar 1,5 hari. Tidak ada yang di bawah 20 hari, kecuali elpiji. Sangat aman," tandasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6640 seconds (0.1#10.140)