Puncak Arus Balik, 23 Ribu Pemudik Padati Bandara Adisutjipto

Senin, 11 Juli 2016 - 14:26 WIB
Puncak Arus Balik, 23 Ribu Pemudik Padati Bandara Adisutjipto
Puncak Arus Balik, 23 Ribu Pemudik Padati Bandara Adisutjipto
A A A
YOGYAKARTA - Puncak arus balik mudik Lebaran tahun ini di Bandar Udara (Bandara) Adisutjipto terjadi pada hari Minggu (10/7) kemarin. Jumlah penumpang pada puncak arus balik ini mencapai 23.000 orang lebih atau jauh meningkat dibandingkan hari-hari biasa.

Tak hanya keberangkatan penerbangan domestik yang meningkat, tetapi jumlah penumpang yang datang dengan penerbangan Internasional juga lebih banyak. Humas PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto Edwin Wibowo mengungkapkan hari Minggu kemarin jumlah keberangkatan pesawat mencapai 74 buah.

Lanjut dia tahun lalu di hari yang sama, keberangkatan hanya sekitar 68 pesawat. Dengan peningkatan jumlah keberangkatan pesawat, jumlah penumpang yang berangkat juga meningkat dibanding tahun lalu. "Tahun lalu, jumlah penumpang di periode sama mencapai 11.048. Namun tahun ini jumlahnya 11.658 orang atau meningkat 6 %," ujarnya, Senin (11/7/2016).

Sementara jumlah penumpang yang datang ke bandara ini tahun lalu mencapai 9.636 orang dan tahun ini menjadi 10.467 orang atau meningkat sekitar 9 %. Hal ini juga menunjukkan jika arus balik masih terjadi di Bandara ini dengan jumlah keberangkatan lebih banyak dibanding dengan yang datang.

Di terminal internasional jumlah kedatangan pesawat tahun ini lebih banyak dibanding periode yang sama tahun lalu. Tahun ini jumlah kedatangan pesawat mencapai 5 kali penerbangan dan tahun lalu hanya 4 penerbangan. Kondisi yang sama juga terjadi pada keberangkatan penerbangan internasinal.

Pada periode yang sama tahun lalu, jumlah penumpang yang datang melalui terminal internasional mencapai 560 orang. Sementara tahun ini jumlahnya mencapai 822 atau naik 47 %. Sementara jumlah penumpang yang berangkat dari bandara ini juga mencapai 698 orang. Jumlah tersebut 74% lebih banyak dibanding dengan periode yang sama tahun lalu.

"Nampaknya Yogyakarta masih diminati untuk liburan dari luar negeri," tuturnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6865 seconds (0.1#10.140)