Kementerian ESDM Klaim Serapan Anggaran Mencapai 30%

Senin, 18 Juli 2016 - 12:56 WIB
Kementerian ESDM Klaim Serapan Anggaran Mencapai 30%
Kementerian ESDM Klaim Serapan Anggaran Mencapai 30%
A A A
JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan, pihaknya telah mengajukan kepada Komisi VII DPR RI bahwa ada efisiensi untuk cost proyek non infrastruktur. Pengajuan ini terkait dengan APBN-P 2016 yang masih di bahas di kompleks DPR.

Efisiensi ini, dikatakan Sudirman telah sesuai dengan arahan pemerintah untuk mengurangi cost tersebut kira-kira sebesar 10%. Saat ini, pihaknya sedang menunggu agenda kembali dengan Komisi VII DPR RI, untuk kemudian dirapatkan dan diputuskan.

"Mengenai APBNP kan kita memang mengikuti arahan pemerintah bahwa ada efisiensi untuk cost yang non infrastruktur. Jadi sudah kita kurangi kira-kira 10% dan sudah kita ajukan juga ke komisi VII sehingga seharusnya tidak ada masalah," kata Sudirman di kantornya, Jakarta, Senin (18/7/2016).

Sudirman menambahkan dalam realisasi APBN 2016, dia mengungkapkan serapannya jauh lebih baik dari tahun-tahun lalu. Jika dibandingkan dengan tahun lalu (2015) serapannya sudah mencapai lima kali lipat.

Untuk tahun lalu, kata dia, Juni-Juli serapannya masih di bawah 10%. Sekarang serapannya sudah mencapai mendekati 30%. "Kalau APBN kita total untuk pembangunan infrastruktur delapan hingga sembilan triliun rupiah. Jadi 30 persen dari sembilan triliun rupiah sekitar tiga triliunan rupiah," kata dia.

Sudirman menyampaikan rasa syukurnya karena serapan yang baik untuk APBN tahun ini di Kementeriannya. Hal ini dikarenakan persiapan dokumentasinya sudah dimulai sejak tujuh bulan lebih awal.

"Dan kita tahu pada waktu akhir tahun 2015, kita sudah tender semua proyek. Kemudian 2016 awal sudah mulai kontrak-kontrak. Maka serapannya jadi baik," pungkasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5486 seconds (0.1#10.140)