Terpilih Menperin, Ini Target Airlangga Hartarto

Rabu, 27 Juli 2016 - 19:52 WIB
Terpilih Menperin, Ini Target Airlangga Hartarto
Terpilih Menperin, Ini Target Airlangga Hartarto
A A A
JAKARTA - Terpilihnya Airlangga Hartarto sebagai Menteri Perindustrian ternyata memiliki kesan tersendiri. Pasalnya, Airlangga sejatinya memiliki sejarah tersendiri dengan Kementerian Perindustrian, lantaran ayahnya Hartarto Sastrosoenarto pernah menjabat Menteri Perindustrian pada masa Orde Baru.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan, selain ayahnya yang pernah menjabat sebagai Menperin, Airlangga juga memiliki pengalaman banyak soal industri. Dia pernah menjadi anggota parlemen pada komisi industri.

"Airlangga Hartarto, putera dari Pak Hartarto yang juga pernah menjabat di perindustrian. Lahir tahun yang sama dengan saya, pengalamannya panjang. Anggota DPR lama dan berada pada komisi yang sama yaitu komisi industri," katanya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (27/7/2016).

Airlangga sendiri mengaku akan bekerja semaksimal mungkin untuk mewujudkan cita-cita Jokowi meningkatkan daya saing industri di Tanah Air. Dirinya akan berkoordinasi dengan seluruh kementerian untuk mewujudkan hal tersebut.

"Langah pertama tentu kita melihat inilah, tantangan ke depan. Kita akan koordinasi dengan kementerian lainnya, dengan Kemendag, Kemenkeu, Kementerian ESDM," tuturnya. (Baca: Menperin Airlangga Hartarto, Like Father Like Son)

Menurutnya, industi akan kuat jika terjalin sinergi dan koordinasi dengan seluruh kementerian. Khususnya, Kementerian Perdagangan, Kementerian Keuangan, dan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Airlangga menilai, tantangan terbesar sektor perindustrian adalah merampungkan peta jalan (roadmap) industri. Pasalnya, roadmap menjadi fundamental untuk menuju industri yang berdaya saing.

"Tentunya bagaimana menuju roadmap ke depan, fundamental yang perlu didalami apa. Itu nanti kita akan formulasikan bersama. Saya mengharapkan bahwa sektor fundamental ekonomi kita diperkuat dengan sektor industri," pungkas dia.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4367 seconds (0.1#10.140)