Cara Japfa Lakukan Efisiensi Saat Industri Peternakan Lesu

Senin, 15 Agustus 2016 - 19:08 WIB
Cara Japfa Lakukan Efisiensi Saat Industri Peternakan Lesu
Cara Japfa Lakukan Efisiensi Saat Industri Peternakan Lesu
A A A
JAKARTA - PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JPFA) melakukan efisiensi di tengah lesunya industri peternakan nasional. Salah satunya dengan membuat ayam 'senang'.

Deputy Head of Corporate Finance Japfa Comfeed Indonesia Putut Djagiri menjelaskan, maksud membuat ayam 'senang' yakni dengan memberikan makanan dan tempat pemeliharaan terbaik. Sehingga, tidak ada ayam yang terserang penyakit lalu mati dan mengalami kerugian.

"Efisiensi manage ayamnya happy (senang). Sehingga enggak gampang terserang penyakit supaya dalam setahun bisa mencapai angka produksi maksimum anak ayam," ujarnya di Jakarta, Senin (15/8/2016).

Menurutnya, dengan kondisi industri yang sedang bergejolak ini tidak bisa disisasati dengan cara yang melawan arus. Seperti mempercepat penetasan telur ayam.

"Dengan kondisi industri yang menantang tingkatkan efisiensi anak ayam gimana supaya efisien, induknya tetap bertelur sehari satu, kalau netas 21 hari. Dipercepat enggak mungkin atau sehari bertelur lebih dari satu juga enggak bisa," kata Putut.

Di sisi lain, lanjut dia, perusahaan juga melakukan efisiensi lainnya dalam bentuk penundaan pembangunan pabrik pakan ternak. Japfa menunggu industri bangkit dan akan meningkatkan kapasitas produksi hingga 85%.

"Kita bikin feedmill ketika industri sudah bangkit hingga produksi 85%. Kita punya kapasitas pakan ternak 4,3 juta ton dengan produksi 2,6-2,7 juta ton, masih di bawah kapasitas karena industri pertumbuhan enggak secepat sebelumnya," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6194 seconds (0.1#10.140)