Giliran Menteri Rini Diisukan Berkewarganegaraan AS

Selasa, 16 Agustus 2016 - 17:48 WIB
Giliran Menteri Rini Diisukan Berkewarganegaraan AS
Giliran Menteri Rini Diisukan Berkewarganegaraan AS
A A A
JAKARTA - Isu dwi kewarganegaraan kini menerpa Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno. Kabar ini mencuat setelah ramai diberitakan mengenai status mantan Menteri ESDM Arcandra Tahar yang dikabarkan telah berpindah menjadi warga negara Amerika Serikat (AS).

Rini disebut memiliki kewarganegaraan AS lantaran lahir di Maryland, Amerika Serikat. Sebab, dalam kebijakan Negeri Paman Sam, setiap orang yang lahir di negara tersebut bisa menjadi warga negara AS.

Saat dikonfirmasi mengenai hal itu, mantan Menteri Perindustrian dan Perdagangan ini membantah rumor yang menyebutkan dirinya berkewarganegaraan AS. Dia mengakui lahir di negeri Paman Sam, namun tidak berarti menjadi warga negara AS.

"‎Siapa? Siapa lagi? Ada lagi. Memang saya lahir di Amerika Serikat betul. Tapi itu bukan berarti saya punya warga negara gitu lho," tegasnya di Gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Selasa (16/8/2016).

Menurutnya, meski dia lahir di AS namun tidak berarti dirinya juga langsung menjadi warga negara AS. Sebab, seseorang yang lahir di negara itu bisa memilih untuk menjadi warga negara AS atau warga negara asal.

"No (langsung jadi warga negara AS). Otomatis (jadi WN AS) itu kalau memang diteruskan untuk jadi. Kalau enggak jadi ya enggak jadi," tandas Rini.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8837 seconds (0.1#10.140)