Peringati HUT RI ke-71, BRI Salurkan Bantuan CSR di Papua

Rabu, 17 Agustus 2016 - 10:39 WIB
Peringati HUT RI ke-71,...
Peringati HUT RI ke-71, BRI Salurkan Bantuan CSR di Papua
A A A
JAKARTA - Dalam peringatan hari kemerdekaan RI ke-71, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) menyalurkan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) dalam rangkaian 'BUMN Hadir Untuk Negeri'.

Tahun ini, Bank BRI bersama Perhutani memimpin kegiatan peringatan HUT RI di Provinsi Papua dengan menggelar berbagai program yang melibatkan 29 BUMN. Rangkaian kegiatan berlangsung selama 4 hari hingga 20 Agustus 2016.

Bantuan CSR BUMN Untuk Negeri diserahkan oleh Direktur Utama BRI Asmawi Syam dalam upacara peringatan hari kemerdekaan di Kantor Wilayah Bank BRI di Jayapura, Papua, serta disaksikan Deputi Kementerian BUMN Gatot Trihargo.

Bantuan mulai dari tunjangan bedah rumah Veteran, penyediaan sarana air bersih dan pembangunan sarana penitipan anak diserahkan langsung pada upacara peringatan HUT RI ke-71. Bantuan lain seperti penyelenggaraan pasar murah dan pembangunan fasilitas sanitasi disalurkan secara berkala.

Dalam rangkaian kegiatan ini, para veteran mendapat perhatian khusus. Bank BRI dan perwakilan BUMN peserta kegiatan HUT RI mengunjungi langsung lokasi perumahan veteran di Polimak, Jayapura. Renovasi rumah akan diberikan kepada sekitar 60 veteran RI se-kota/kabupaten Jayapura dengan total bantuan lebih dari Rp2 miliar.

Selain penyaluran bantuan CSR BUMN Untuk Negeri juga melakukan sejumlah program pembinaan dengan kegiatan berkesinambungan selama beberapa bulan. Selain Veteran, para mantan atlet juga mendapat apresiasi khusus.

Tidak semua atlet nasional mendapatkan lapangan perkerjaan yang baik saat sudah tidak bisa lagi berkompetisi. Pembinaan dari CSR BUMN untuk negeri memberikan pelatihan dan juga peralatan modal kerja dengan total bantuan sebear Rp100 juta agar para mantan atlet bisa mendapat peluang lebih baik dalam hidupnya.

Program pembinaan lainnya fokus pada pendidikan BUMN Mengajar berlangsung sampai akhir tahun di Kabupaten Jayapura, Jayawijaya, Merauke, Nabire, Mimika dan Biak Numfor. Untuk pembinaan generasi muda, dukungan diberikan pada program Siswa Mengenal Nusantara.

Program ini diikuti 20 siswa teladan untuk mengikuti program pertukaran pelajar untuk mengembangkan pengetahuan para siswa atas keberagaman yang ada di Indonesia.

"Seluruh partisipasi merupakan kontribusi perusahaan BUMN. Program-program ini diharapkan mampu mendukung pendidikan generasi muda Indonesia, menciptakan peluang ekonomi kerakyatan dan memberi apresiasi terdalam bagi veteran yang berjasa bagi kemerdekaan bangsa," jelas Corporate Secretary BRI Hari Siaga dalam rilisnya, Rabu (17/8/2016).

Program CSR BUMN Untuk negeri juga berusaha mencari solusi untuk masyarakat yang masih memiliki keterbatasan sarana di Papua. Sejumlah kegiatan dilangsungkan untuk mendorong pembangunan di berbagai wilayah di Papua. Di Kampung Walesi, Kabupaten Jayawijaya, pembinaan diberikan pada petani kopi dengan penyediaan peralatan pengolah kopi organic.

Untuk wilayah yang masih mengalami tantangan elektrifikasi, ada 100 rumah yang akan mendapat aliran listrik di Kabupaten Merauke dengan total bantuan sebesar Rp300 juta. Di Merauke juga dijalankan pembangunan 50 unit fasilitas sanitasi MCK dengan total bantuan senilai Rp750 juta.

Menurut Hari, pelaksanaan HUT RI dengan sinergi antar BUMN memiliki dampak lebih besar bagi masyarakat. "Dengan kerja sama antar BUMN, maka program bantuan bagi masyarakat bisa dirancang lebih komprehensif dengan skala yang lebih besar. Pada akhirnya, peringatan HUT RI menjadi lebih bermakna karena ada kontribusi nyata yang bisa dirasakan masyarakat untuk jangka panjang," pungkas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3579 seconds (0.1#10.140)