UOB Indonesia Berencana Buka Lima Pusat Konsultasi Bisnis

Minggu, 21 Agustus 2016 - 00:25 WIB
UOB Indonesia Berencana Buka Lima Pusat Konsultasi Bisnis
UOB Indonesia Berencana Buka Lima Pusat Konsultasi Bisnis
A A A
JAKARTA - UOB Indonesia (UOBI) mengumumkan akan mendirikan lima business centres yang memberikan jasa konsultasi bisnis untuk usaha kecil dan menengah (UKM) di kantor-kantor cabangnya yang berlokasi di kota-kota utama di Indonesia. Lima business centres baru tersebut akan diresmikan di Jakarta pada akhir tahun ini, diikuti oleh Semarang dan Surabaya pada tahun 2017.

Managing Director, Head of Business Banking UOBI Lawrence Loh mengatakan, dalam mempersiapkan business centre tersebut, UOBI berkolaborasi dengan Institut Teknologi Bandung (ITB). Business Centres yang dinamakan Sentra UKM, akan menyediakan jasa konsultasi bagi UKM di bidang perencanaan bisnis, transfer pengetahuan melalui diskusi dengan para pemimpin industry, dan melakukan networking.

"UOBI pertama kali membuka Sentra UKM di kota Bandung pada bulan Maret tahun ini," ujarnya dalam keterangan tertulis di Jakarta.

UKM dinilai merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia, terdiri dari 53 juta perusahaan lokal yang menyumbang lebih dari 50% PDB Indonesia. Menurutnya mayoritas UKM lokal adalah bisnis keluarga dengan akses yang terbatas dalam mendapatkan pengetahuan manajemen bisnis terbaru, jaringan industri dan pengelolaan keuangan.

Lebih lanjut dia menerangkan banyak dari mereka memiliki aspirasi yang tinggi, dan memiliki keinginan untuk berekspansi di kota-kota lain di Indonesia serta ekspansi ke luar negeri. UOB juga berkomitmen untuk membantu para pelaku UKM melalui Sentra UKM dan memberikan dukungan dalam ambisi ekspansi mereka.

“Kami berharap nasabah UKM UOBI makin mengembangkan bisnis mereka dalam beberapa tahun kedepan dan seiring dengan hal tersebut, kebutuhan perbankan dan bisnis mereka juga akan berubah," papar dia.

Dia menambahkkan di sentra bisnis ini nantinya akan diberikan cara mengelola risiko valuta asing hingga panduan terhadap perubahan-perubahan yang terjadi di pasar, pelaku UKM memerlukan penasihat keuangan yang memiliki keahlian dalam memahami kegiatan bisnis lintas batas. Berangkat dari kebutuhan para pelaku UKM, UOBI membuka Sentra UKM pertamanya di awal tahun ini dan mendapat respon positif dari komunitas bisnis setempat.

"Untuk memenuhi peningkatan kebutuhan ekspansi bisnis nasabah, kami berencana untuk membuka lima Sentra UKM lainnya di Jakarta, Semarang dan Surabaya," paparnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5819 seconds (0.1#10.140)