Sinergi Mendorong UKM dan Usaha Padat Karya Tingkatkan Ekspor

Senin, 03 April 2023 - 18:58 WIB
loading...
Sinergi Mendorong UKM dan Usaha Padat Karya Tingkatkan Ekspor
LPEI dan UOB Indonesia bekerja sama mendorong pelaku UKM melakukan ekspor. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Direktur Eksekutif Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia( LPEI )/Indonesia Eximbank dan PT Bank UOB Indonesia (UOB Indonesia) terus memperkuat kerja sama untuk mendorong usaha kecil dan menengah ( UKM ) melakukan ekspor. Hal itu disampaikan Direktur Eksekutif LPEI Riyani Tirtoso saat menyambut kehadiran jajaran direksi UOB, pada 15 Maret lalu.



Jajaran direksi UOB yang hadir adalah Presiden Direktur UOB Indonesia Hendra Gunawan, Direktur Wholesale Banking UOB Indonesia Harapman Kasan, serta Head of Financial Institution and Structured Finance UOB Indonesia Jenny Lesmana

Pada pertemuan itu, jajaran manajemen UOB Indonesia juga mengunjungi rumah ekspor LPEI Jakarta yang berlokasi di lantai 1 Gedung Prosperity di Kawasan SCBD. Berbagai produk mitra binaan LPEI yang ditampilkan di rumah ekspor LPEI Jakarta telah memberikan inspirasi kepada jajaran manajemen UOB Indonesia untuk mengkolaborasikan program pengembangan UKM yang selama ini menjadi salah satu prioritas UOB.

"Diharapkan dengan memanfaatkan system database LPEI yang diberi nama National Export Dashboard (NED), maka LPEI dan UOB Indonesia dapat lebih efektif dalam mengembangkan kemampuan ekspor para pelaku UKM yang meliputi pelatihan, marketing handholding, serta program capacity building lainnya," kata Riyani, dalam keterangannya, dikutip Senin (3/4/2023).

Menurut Riyani, UOB Indonesia telah menjadi mitra aktif LPEI sejak tahun 2014. Selain akan melakukan kerja sama dalam program pengembangan ekspor UKM, UOB Indonesia juga akan melakukan sejumlah kerja sama lain dengan LPEI seperti co-financing, cash management, counter guarantee dan Trade Credit Insurance (TCI)untuk segmen UKM, Commercial dan Corporate Banking.



"Selain itu, sebagai lembaga penjamin yang memiliki Sovereign Guarantee, LPEI juga akan menyediakan fasilitas penjaminan atas pinjaman modal kerja yang disalurkan UOB Indonesia kepada pelaku usaha korporasi padat karya," pungkas Riyani.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1747 seconds (0.1#10.140)