Banyak Artis Tak Punya NPWP, Ini Komentar Desta dan Ernest

Selasa, 30 Agustus 2016 - 15:42 WIB
Banyak Artis Tak Punya NPWP, Ini Komentar Desta dan Ernest
Banyak Artis Tak Punya NPWP, Ini Komentar Desta dan Ernest
A A A
JAKARTA - Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) baru-baru ini menyatakan bahwa para pekerja seni dan kalangan dunia hiburan banyak yang belum memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) pajaknya dengan baik dan benar.

Para artis ini pun akhirnya menjadi salah satu sasaran yang diharapkan bisa mengikuti program pengampunan pajak (tax amnesty). (Baca: DJP: Banyak Artis Belum Punya NPWP)

Menanggapi pernyataan tersebut, artis Deddy Mahendra Desta alias Desta mengungkapkan bahwa dirinya telah lama memiliki NPWP. Meskipun pihaknya tidak terlalu mengerti mengenai perpajakan, namun drummer grup musik Clubeighties ini tetap menjalankan kewajibannya untuk membayar pajak.

"Ya kalau gue sih ya tidak mengerti, tapi gue menjalankan apa yang diharuskan. Bayar pajak dan punya NPWP," katanya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (30/8/2016).

Desta memastikan, selama ini dirinya selalu melaporkan harta kekayaan yang dimiliki dengan baik dan benar. Dapat dipastikan, tidak ada harta yang disembunyikan dan tidak dilaporkan kepada petugas pajak.

"Oh iyalah. Selalu (melaporkan harta kekayaan dengan benar). Kita sebagai warga negara yang baik harus taat bayar pajak. Kita enggak tahu kemana arahnya pajak itu, tapi yang jelas ya bayar pajak," imbuh dia.

Saat ditanya soal keinginan mengikuti program pengampunan pajak (tax amnesty), Desta mengaku tidak memahami mengenai program yang belum lama digulirkan pemerintah tersebut. "Waduh enggak ngerti gue," ucap Desta.

(Baca: Banyak Artis Tak Punya NPWP, Hanya Pintar Acting)

Tak jauh berbeda dengan Desta, pemain film sekaligus komika Ernest Prakasa menyatakan telah memiliki NPWP. Bahkan, dirinya telah mengurus NPWP sejak lama. "Selalu melaporkan semuanya. NPWP juga sudah lama banget punya," akunya.

Pelawak tunggal berdarah Tionghoa ini mengaku tidak berani bersikap aneh terkait kepatuhan pajak. Pemain Film Rudy Habibie ini memilih untuk menjadi warga negara yang baik dan taat pajak.

"Oh sudah lama banget kalau saya sih. Kalau saya soal pajak enggak berani aneh-aneh. Selalu taat dan menjadi warga negara yang baik saja. Dari pada nanti jadi masalah," tandas dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kepala Kantor Wilayah Pajak Jakarta Khusus Muhammad Hanif mengatakan, masih banyak artis yang belum memiliki NPWP. Lebih dari itu, banyak juga pelaku hiburan tanah air yang memiliki NPWP namun tidak pernah melaporkan SPT tahunan.

Menurutnya, hal ini membuat miris di mana Indonesia sedang perbaikan tax based dalam negeri untuk mendukung jalannya tax amnesty. "Kalau ditanya, ada enggak artis yang belum punya NPWP? Kata mas Anang (Anang Hermansyah), ada. Ada juga yang punya NPWP tapi enggak lapor SPT," kata dia di kantor pusat Direktorat Jenderal Pajak, Jakarta, pekan kemarin.

Baca Juga:

Dicap Belum Punya NPWP, Ini Komentar Artis Tanah Air
Ditanya Pajak, Artis Nilai Tax Amnesty Rusak Mental Bangsa
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8175 seconds (0.1#10.140)