Sri Mulyani: Negara G20 Hadapi Masalah Pengangguran

Kamis, 08 September 2016 - 09:37 WIB
Sri Mulyani: Negara G20 Hadapi Masalah Pengangguran
Sri Mulyani: Negara G20 Hadapi Masalah Pengangguran
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, salah satu hal krusial yang dibahas dalam pertemuan G20 yakni soal pengangguran di negara-negara tersebut. Pasalnya, pengangguran menjadi persoalan dilematis yang dihadapi hingga saat ini.

Bahkan, kata dia, persoalan yang erat kaitannya dengan tenaga kerja ini, dibahas nyaris separuh hari dalam perhelatan tersebut. "Itu menjadi satu persoalan. Penggangguran ini dilematis, terus terang di G20 nyaris separuh hari bahas ini. Mereka memiliki masalah yang sama dengan Indonesia soal pengangguran," katanya, Kamis (8/9/2016) dini hari.

Sri Mulyani mengatakan, seluruh dunia menghadapi situasi di mana pertumbuhan ekonomi ada namun tidak mampu membentuk suatu kesempatan kerja di negara-negara tersebut. "Tidak mampu untuk create job. Bahkan yang ada jobless growth, karena otomatisasi robot lebih murah," kata dia.

Terlebih lagi, di era sekarang, banyak perubahan dari sisi digital economy yang menyebabkan transaction cost atau biaya in between menjadi hilang. "Dengan kata lain, kesempatan kerja hilang karena adanya efisiensi dari teknologi yang ada sekarang. Maka kita saat ini dihadapkan pada upaya untuk create job. Apakah ada padat karya, tapi itu juga biasanya temporer, dan kalau itu bicara jangka panjang, kita harus pikir lebih jauh lagi," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7210 seconds (0.1#10.140)