Nilai Transaksi Saham RI Kalahkan Singapura dan Malaysia

Sabtu, 01 Oktober 2016 - 20:21 WIB
Nilai Transaksi Saham RI Kalahkan Singapura dan Malaysia
Nilai Transaksi Saham RI Kalahkan Singapura dan Malaysia
A A A
BALI - Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia (BEI) ‎Tito Sulistio mengemukakan, dampak dari program pengampunan pajak (tax amnesty) sangat terasa pada pasar modal Indonesia. Bahkan, nilai transaksi harian saham di BEI telah melewati transaksi yang ada di Singapura dan Malaysia.

Dia mengatakan, nilai transaksi harian saham meningkat drastis sejak adanya program amnesti pajak. Biasanya, transaksi harian di bursa saham sekitar Rp5,5 triliun dan saat ini melonjak jadi Rp8 triliun.

"Saya menganalisa transaksi harian naik signifikan. Tadinya Rp5,5 triliun per hari menjadi Rp8 triliun per hari. Apakah ini efek tax amnesty? Bisa saja," katanya saat berbincang dengan media di Bali, Sabtu (1/10/2016).

Tito mengklaim, nilai transaksi tersebut lebih besar empat kali dari Singapura, dua kali dari Malaysia, dan enam kali dari Filipina.‎ "Kalah kita dari Singapura di kapitalisasi pasar," imbuh dia.

Apalagi, saat ini sektor pasar modal di Negeri Singa tengah menghadapi masalah. Hal ini lantaran, 250 perusahaan yang tercatat di bursa saham adalah perusahaan asing dan 100 perusahaan di antaranya bermasalah.

"Singapura punya 100 perusahaan dan lagi pusing. Singapura dari 250 perusahaan ada 100 perusahaan enggak jelas," ungkapnya.

Dia meyakini, dengan kondisi tersebut pasar modal Indonesia akan melampaui Singapura. Terlebih, pasar modal Indonesia terus menunjukan pertumbuhan dari sisi pertumbuhan emiten baru.

"Dan lima tahun terakhir jumlah growth kita listed 26% setahun. Malaysia minus 5%, Singapura minus 1%. Dia malah banyak delisting daripadia listing kalau dalam tiga tahun, kita akan kalahkan Singpura, Malaysia, Thailand," tandas Tito.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5943 seconds (0.1#10.140)