Menhub Ingin Sulap Bandara Belitung jadi Berkelas Internasional

Senin, 10 Oktober 2016 - 17:45 WIB
Menhub Ingin Sulap Bandara Belitung jadi Berkelas Internasional
Menhub Ingin Sulap Bandara Belitung jadi Berkelas Internasional
A A A
JAKARTA - Keindahan Bangka Belitung dengan wisata baharinya memang sudah dikenal mancanegara. Namun akses dan infrastruktur ke sana terbilang masih minim. Menyadari hal itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berkeinginan menyulap bandara H.A.S. Hanandjoeddin di Kepulauan Bangka Belitung menjadi bandara berkelas internasional.

Budi mengatakan keinginannya tersebut akan direalisasikan pada akhir tahun ini. "Wisata seperti Belitung, pemandangannya wow tapi bandara tidak begitu besar. Panjangnya hanya 1.600 sampai 2.000 meter," katanya dalam Forum Diskusi Publik Sektor Transportasi di Jakarta, Senin (10/10/2016).

Oleh sebab itu, mantan Dirut PT Angkasa Pura II (Persero) ini memutuskan pada Desember 2016, bandara di Belitung tersebut dapat menjadi bandara bertaraf internasional. "Karena saya ingin Garuda dan Citilink untuk koneksi daerah lain meningkatkan Belitung menjadi sesuatu yang baik," imbuh dia.

Budi menambahkan, pada dasarnya banyak daerah wisata di Indonesia yang berpotensi mendatangkan turis. Sayangnya infrastruktur penunjangnya masih belum tergarap maksimal.

Dia pun mencontohkan soal kawasan wisata Parapat di Danau Toba, Sumatera Utara. Sekitar enam bulan lalu, tidak ada satu pun penerbangan ke Bandara Silangit di sana. Kini, dengan peningkatan bandara, empat penerbangan hilir mudik setiap harinya ke sana.

"Saya berterima kasih kepada Garuda telah jadi pionir, sekarang sudah empat penerbangan tiap hari. Karena Toba begitu indah berdosa. AP II akan memperbaiki bandara itu dan menjadi lebih bagus," tandasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5121 seconds (0.1#10.140)