Gelar TEI 2016, Mendag Dorong Diversifikasi Ekspor

Rabu, 12 Oktober 2016 - 12:16 WIB
Gelar TEI 2016, Mendag Dorong Diversifikasi Ekspor
Gelar TEI 2016, Mendag Dorong Diversifikasi Ekspor
A A A
JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita mengatakan, pemerintah sedang berupaya melakukan diversifikasi atau mencari pasar baru untuk tujuan ekspor. Hal ini dikatakannya dalam pembukaan pameran dagang berskala internasional Trade Expo Indonesia (TEI) 2016.

(Baca: Presiden Jokowi Buka Trade Expo Indonesia Ke-31)

Dia mengatakan, Indonesia pada dasarnya telah memiliki negara-negara potensial untuk tujuan ekspor seperti Eropa, Amerika Serikat (AS), dan Jepang. Namun, pemerintah tidak mau Indonesia terus bergantung dari negara-negara tersebut agar neraca perdagangan stabil.

"Salah satu tujuan TEI, diversifikasi pasar tujuan. Kita juga harus mencari pasar baru dan kecenderungan terlihat dari tren neraca perdagangan dari negara baru tersebut. Kita tidak boleh bergantung ke satu sumber negara bahan baku, hal ini penting untuk jaga neraca perdagangan," katanya di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (12/10/2016).

Selain itu, mantan Ketua Umum Realestat Indonesia (REI) ini juga tidak mau Indonesia hanya terpaku pada produk-produk unggulan yang dimiliki. Namun, Indonesia juga harus menciptakan produk baru yang dapat menjadi unggulan baru untuk pasar internasional.

"Indonesia sudah produk unggulan, tapi tidak boleh bergantung. Harus ada produk baru yang jadi produk unggulan baru," imbuh dia.

Mengambil tema "Indonesia: Source of Natural and Creative Products", TEI menampilkan berbagai produk unggulan hasil kreativitas dan inovasi desain. Pameran ini diharapkan mampu mendorong diversifikasi pasar ekspor.

"Produk-produk unggulan yang dipamerkan di TEI memiliki nilai tambah tinggi. Hal ini sejalan dengan upaya Kemendag dalam menerapkan strategi diversifikasi produk ekspor sehingga diharapkan mampu mendorong diversifikasi pasar tujuan ekspor," tutur Enggartiasto.

Menurutnya, partisipasi yang tinggi ini merupakan buah kerja keras para perwakilan perdagangan di luar negeri, baik di KBRI, Atase Perdagangan, Indonesia Trade Promotion Center (ITPC), International Trade Promotion Office, serta KADIN negara-negara sahabat yang mempromosikan penyelenggaraan TEI di mancanegara.

Sejumlah negara mengirimkan delegasinya dalam jumlah besar. Buyer terbanyak hadir dari Nigeria, Malaysia, India, Arab Saudi, Thailand, Uni Emirat Arab, Australia, Papua Nugini, dan Bangladesh.

Sementara, produk yang paling diminati adalah produk pertanian, makanan dan minuman olahan, fesyen dan aksesori, tekstil dan garmen, dekorasi rumah, kopi, furnitur dari kayu, elektronik dan produk elektrik, serta produk kecantikan dan kesehatan.

"TEI menjadi wahana promosi efektif bagi produk-produk unggulan eskpor Indonesia. TEI sekaligus menjadi stimulus pemerintah kepada eksportir maupun calon eksportir Indonesia untuk memperoleh peluang ekspor ke mancanegara," tandasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4094 seconds (0.1#10.140)