Cara Pandang Pemerintah Berubah, Industri Gas RI Akan Naik Kelas

Senin, 07 November 2016 - 14:52 WIB
Cara Pandang Pemerintah Berubah, Industri Gas RI Akan Naik Kelas
Cara Pandang Pemerintah Berubah, Industri Gas RI Akan Naik Kelas
A A A
JAKARTA - PT Perusahaan Gas Negara (Persero) atau PGN memandang, saat ini cara pandang pemerintah terhadap perkembangan industri gas di Tanah Air telah bergeser dan mengalami perubahan. Kabar baiknya, perubahan ini diyakini mampu membuat industri gas Indonesia bisa naik kelas.

(Baca Juga: PGN Fokus Perbaiki Kinerja Dibanding Holding Migas)

Direktur Strategi dan Perkembangan Bisnis PGN M Wahid Sutopo mengatakan, gas bumi sejatinya energi fosil yang palling ramah lingkungan dibanding batu bara ataupun minyak bumi. Beruntungnya, cara pandang pemerintah terhadap gas bumi telah mengalami pergeseran dimana masa lalu gas hanya dipandang sebagai salah satu kontributor untuk Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Sekarang mulai bergeser, gas dipandang sumber daya energi dan bahan baku yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan energi nasional. Ini sebagai tools strategis untuk meningkatkan industri nasional," katanya dalam Seminar Indonesia Naik Kelas di Grand Ballroom Hotel Kempinski, Jakarta, Senin (7/11/2016).

Menurutnya, potensi energi gas di Indonesia memang sangat besar dasn dapat digunakan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Tanah Air. Apalagi, pemanfaatan energi gas di dalam negeri juga sangat besar.

"Intensitas energi kita cukup tinggi dalam pemanfaatan energi. Mirip negara berkembang saat beralih ke negara maju. Dari sisi efisiensi masih ada yang bisa kita lakukan bagaimana bisa gunakan energi tersebut agar bisa berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi," tandasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9663 seconds (0.1#10.140)