CSR Ciptakan Keserasian Hubungan Perusahaan dan Masyarakat

Selasa, 13 Desember 2016 - 21:31 WIB
CSR Ciptakan Keserasian Hubungan Perusahaan dan Masyarakat
CSR Ciptakan Keserasian Hubungan Perusahaan dan Masyarakat
A A A
JAKARTA - Kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) menurut Pemimpin Redaksi SINDO Weekly Nevy Hetharia sangat penting bagi perusahan, karena keserasian hubungan antara perusahaan dan masyarakat akan semakin meningkat. Menurutnya pelaksanaan yang baik akan membuat kesejahteraan masyarakat di sekitar wilayah operasi perusahaan akan meningkat.

Lebih lanjut dia menerangkan di kalangan praktisi, sasaran kegiatan CSR sebenarnya sudah sangat jelas. Kegiatan CSR hendaknya dilakukan untuk tujuan-tujuan spesifik yang dikenal dengan istilah 5 pilar CSR.

"Kelimanya meliputi pengembangan kapasitas SDM (Sumber Daya Manusia) di lingkungan internal dan masyarakat sekitar, penguatan ekonomi masyarakat sekitar kawasan wilayah kerja perusahaan, pemeliharaan hubungan relasional antara korporasi dan lingkungan sosial, perbaikan tata kelola perusahaan yang baik, dan pelestarian lingkungan," ujarnya di Jakarta, Selasa (13/12/2016).

(Baca Juga: 22 Perusahaan Raih Apresiasi CSR dari SINDO Media)

Menurutnya dalam praktiknya, inovasi dan kreativitas pelaksanaan CSR sangatlah diperlukan. Inovasi dan kreativitas itu menyangkut persoalan pembagian komposisi dana yang disalurkan ke masing-masing pilar, maupun jenis dan format kegiatan CSR di lapangan.

“Dua perusahaan yang sama-sama melaksanakan CSR di bidang pelestarian lingkungan, misalnya, bisa melakukannya dengan cara yang sangat berbeda,” paparnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7740 seconds (0.1#10.140)