Jembatan Cisomang Geser, Arus Lalu Lintas Tol Purbaleunyi Dialihkan

Jum'at, 23 Desember 2016 - 13:06 WIB
Jembatan Cisomang Geser, Arus Lalu Lintas Tol Purbaleunyi Dialihkan
Jembatan Cisomang Geser, Arus Lalu Lintas Tol Purbaleunyi Dialihkan
A A A
JAKARTA - Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memutuskan untuk melakukan pengalihan arus lalu lintas di sekitar Jembatan Cisomang ruas Tol Purwakarta-Bandung-Cileunyi (Purbaleunyi)‎. Hal ini menyusul terjadinya pergeseran (deformasi) pada pilar kedua (P2) Jembatan Cisomang.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Arie Setiadi mengungkapkan, pengalihan arus lalu lintas ini sebagai tindak lanjut preventif guna menjamin keselamatan pengguna jalan. Karena, deformasi tersebut menyebabkan Jembatan Cisomang harus dibatasi bebannya untuk sementara waktu.

(Baca: Jembatan Cisomang Tol Purbaleunyi Bergeser 53 Cm)

"Sebagai langkah preventif, guna menjamin keselamatan pengguna jalan maka akan dilakukan pembatasan beban lalu lintas pada Jembatan Cisomang melalui pengalihan arus lalu lintas," katanya seperti dalam rilis yang diterima di Jakarta, Jumat (23/12/2016).

Menurutnya, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) dan PT Jasa Marga (Persero) telah melakukan koordinasi dengan Kepolisian RI, Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat serta instansi terkait lainnya dalam pengaturan lalu lintas, agar pembatasan lalu lintas di Jembatan Cisomang tidak berdampak pada kemacetan yang berlebihan.

"Kementerian PUPR dan Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ) meminta masyarakat untuk tetap tenang dan senantiasa menjaga keselamatan berkendara dalam masa libur Natal dan Tahun Baru," tandasnya.

(Baca: Truk Dilarang Lewat Jembatan Cisomeng Tol Purbaleunyi)

Adapun pengalihan arus lalu lintasnya sebagai berikut:

1. Kendaraan dari arah Jakarta menuju Bandung keluar di Gerbang Tol Sadang (KM 75+200) atau Gerbang Tol Jatiluhur (KM 84+600) dan dapat masuk kembali ke jalan tol melalui Gerbang Tol Padalarang (KM 121+400).

2. Kendaraan dari arah Bandung menuju Jakarta keluar Gerbang Tol Padalarang (KM 121+400) atau Gerbang Tol Cikamuning (KM 116+700) dan masuk kembali ke jalan tol melalui Gerbang Tol Sadang (KM 75+200) atau Gerbang Tol Jatilihur (KM 84+600).
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6445 seconds (0.1#10.140)