Hari Terakhir, Calon Peserta Tax Amnesty Periode II Sepi

Sabtu, 31 Desember 2016 - 13:41 WIB
Hari Terakhir, Calon...
Hari Terakhir, Calon Peserta Tax Amnesty Periode II Sepi
A A A
JAKARTA - Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) siang ini masih tampak lengang. Antrean calon peserta pengampunan pajak (tax amnesty) tidak terlalu panjang. Padahal, program pengampunan pajak periode II akan berakhir hari ini.

Dari pantauan SINDOnews, kursi-kursi yang disediakan masih belum terisi seluruhnya. Antrean pun hingga siang ini baru sampai nomor urut 636, meskipun ‎beberapa peserta ada yang datang sejak pagi hari. Kondisi ini jauh berbeda saat penutupan tax amnesty periode I. Di mana antrean calon peserta begitu membludak.

"Nomor antrean sudah 636. Sudah ada yang datang dari subuh untuk mengambil nomor antrean. Loket baru buka jam 7," ujar salah seorang petugas di Kantor Pusat Ditjen Pajak, Jakarta, Sabtu (31/12/2016).

‎Mario, 40 mengaku telah mengantre sejak pukul 09.00 WIB untuk mendaftarkan kliennya dalam program amnesti pajak. Dia mendapat kuasa untuk mendaftarkan empat orang wajib pajak, dengan rincian dua wajib pajak pribadi dan dua wajib pajak badan.

"Saya hari ini empat (daftar tax amnesty). Saya cuma mewakili. Jadi ini klien saya. Dua pribadi dan dua perusahaan," ungkapnya kepada SINDOnews.

Dia menuturkan, kliennya tersebut sudah sejak lama ditawari ikut amnesti pajak. Namun, mereka baru mendaftarkan diri di akhir periode II karena‎ harus mengumpulkan uang tebusan terlebih dahulu.

"Rata-rata sudah ditawari jauh hari, cuma karena dana uang tebusan belum ada jadi baru terakhir. Begitu banyak media meliput akhirnya heboh jadi mau daftar," tandasnya.

Mengutip data Ditjen Pajak, jumlah uang tebusan yang telah diterima mencapai Rp103 triliun, di mana dana repatriasi Rp141 triliun, deklarasi luar negeri Rp1.012 triliun, dan deklarasi dalam negeri senilai Rp4.274 triliun.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6775 seconds (0.1#10.140)