TPID: Harga Cabai Rawit Normalnya Rp22.000/Kg

Senin, 09 Januari 2017 - 15:10 WIB
TPID: Harga Cabai Rawit Normalnya Rp22.000/Kg
TPID: Harga Cabai Rawit Normalnya Rp22.000/Kg
A A A
YOGYAKARTA - Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menganggap harga cabai rawit yang menembus angka Rp120.000 per kilogram (kg) sudah tidak realistis lagi. Sebab, harga ideal cabai rawit merah di pasar berdasarkan perhitungan TPID hanya sebesar Rp22.000 per kg.

(Baca: Harga Cabai Meroket, Jokowi Blusukan ke Pasar Tradisional)

Ketua 3 TPID DIY, Arief Budi Santosa mengaku heran dengan kenaikan cabai rawit yang sangat drastis tersebut. Namun sebagai anggota TPID, pihaknya menganalisa kenaikan tersebut bukan karena faktor pasokan atau konsumsi.

Tetapi lebih karena faktor psikologis dari pedagang yang latah menaikkan harga jual cabai rawit mereka setelah mendapat informasi dari berbagai media massa terkait harga jual cabai rawit yang terus mengalami kenaikan. "Panenan di DIY itu berlebih," tutur dia.

Arief menambahkan, sebenarnya kebutuhan cabai di Yogyakarta khususnya cabai rawit merah hanya sekitar 2 ton per hari. Jumlah tersebut bisa dipenuhi petani lokal. Bahkan jika dibanding jumlah produksi dari petani lokal.

Pihaknya menggambarkan kebutuhan cabai rawit merah per hari sebenarnya bisa dipenuhi hasil panenan dari Kabupaten Kulonprogo. Hanya saja, faktor psikologis pedaganglah yang banyak memengaruhi untuk menaikkan harga.

Setelah mendengar informasi dari media massa, pedagang lokal lantas menaikkan harga jual cabai rawit merah. Dan mereka selalu memunculkan alasan yang sama yaitu karena faktor cuaca maka pasokan berkurang, sehingga harga cabai rawit naik.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5503 seconds (0.1#10.140)