Dewan Energi Nasional Gandeng Pemda Sukseskan Program Listrik

Senin, 23 Januari 2017 - 13:39 WIB
Dewan Energi Nasional Gandeng Pemda Sukseskan Program Listrik
Dewan Energi Nasional Gandeng Pemda Sukseskan Program Listrik
A A A
JAKARTA - Dewan Energi Nasional (DEN) menyatakan, akan mengandeng pemerintah daerah (Pemda) untuk menyukseskan berbagai program kelistrikan yakni salah satunya pembangunan infrastruktur pembangkit listrik sebesar 35 Giga Watt (GW). Ditegaskan target pada tahun 2019 untuk 35 GW tidak boleh berkurang, seiring dengan pengembangan Energi Baru dan Terbarukan (EBTKE).

"DEN gaet daerah, menyusun daerah. Selain itu target capaian yang ditentukan tak boleh bergeser, antara lain pembangunan pembangkit listrik 35 GW. Lalu, pencapaian EBTKE apa yang diinginkan bisa dicapai target 23% pada 2025," ujar Anggota DEN Tumiran di Jakarta, Senin (23/1/2017).

Dia menyampaikan, Rencana Umum Energi Nasional (RUEN) 2015-2050 sudah ditetapkan dan harus dicapai dengan berbagai strategi. Jika tidak terwujud maka ketahanan energi Indonesia dipertaruhkan "Kalau enggak dicapai, komitmen iklim ketahanan energi dan pastikan sumber daya energi lokal penuhi kebutuhan masing-masing daerah tidak tercapai," katanya.

Menurut Tumiran, pemerintah bersama PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) sudah bersinergi dengan baik. Sehingga, diharapkan implementasinya bisa sesuai target "Dirjen ketenagalistrikan dan Dirut PLN paparkan listrik 35 GW. Dirjen EBTKE juga, ini sinkronisasi, implementasi dan upaya PLN serap EBTKE yang dihasilkan," paparnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3889 seconds (0.1#10.140)