BPJS Ketenagakerjaan Tekankan Pentingnya Jaminan Sosial

Selasa, 31 Januari 2017 - 13:33 WIB
BPJS Ketenagakerjaan Tekankan Pentingnya Jaminan Sosial
BPJS Ketenagakerjaan Tekankan Pentingnya Jaminan Sosial
A A A
JAKARTA - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan mengakui, Indonesia cukup terlambat untuk menyadari peran penting perlindungan jaminan sosial untuk kebutuhan hidup masyarakat. Karena, negara-negara lain sudah sejak dini hari menyiapkan perlindungan jaminan sosial untuk masyarakatnya.

(Baca Juga: Indonesia Economic Outlook 2017 Mengusung Tema Optimisme)

Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto mengungkapkan, jaminan sosial merupakan hak dasar manusia yang sifatnya universal. Sayangnya, baru 27% masyarakat dunia yang saat ini telah menikmati jaminan sosial.

"Karena dari total penduduk dunia, yang telah mendapat jaminan sosial baru 27%, ada 73% yang belum dapat jaminan sosial," katanya dalam acara Indonesia Economic Outlook 2017 yang diselenggarakan Koran SINDO dan SINDOnews.com di Pullman Hotel, Jakarta, Selasa (31/1/2017).

Menurutnya, selama ini baru negara-negara yang mapan secara ekonomi memiliki kesadaran untuk menyiapkan program jaminan sosial. Mereka sudah menyiapkan jaminan hidup yang layak bagi masyarakatnya. "Mereka sudah antispasi bahwa yang paling basic harus dibangun adalah kesejahteraan hidup yang layak," imbuh dia.

Agus menyebutkan, Jerman telah menyiapkan perlindungan jaminan sosial sejak 1857 dan Inggris sudah sejak 1930. Meskipun begitu, pihaknya tetap optimis dapat terus menyediakan jaminan sosial bagi masyarakat Indonesia. "Walaupun agak terlambat sedikit, tapi kita tetap optimis untuk bisa menyelenggarakan jaminan sosial," paparnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5613 seconds (0.1#10.140)