BI Kalimantan Selatan Edarkan Rp60 Miliar Rupiah Baru

Rabu, 08 Februari 2017 - 20:38 WIB
BI Kalimantan Selatan Edarkan Rp60 Miliar Rupiah Baru
BI Kalimantan Selatan Edarkan Rp60 Miliar Rupiah Baru
A A A
BANJARMASIN - Sejak resmi diluncurkan pada 19 Desember 2016 hingga Februari 2017 ini, Bank Indonesia (BI) Perwakilan Kalimantan Selatan sudah mengedarkan Rp60 miliar uang rupiah tahun emisi 2016.

Kepala BI Kalimantan Selatan, Harymurthy Gunawan mengatakan uang baru sebesar Rp60 miliar itu, diedarkan melalui perbankan dan kas titipan BI yang ada di sejumlah kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.

Sebagai rincian, untuk Kalimantan Selatan, tercatat peredaran uang baru sudah sebanyak Rp32,4 milar. "Selebihnya diedarkan di Kalimantan Tengah," kata Hary saat diskusi bersama kalangan media di lantai III kantornya di Banjarmasin, Rabu (8/2/2017).

Menurut Hary, jumlah ini tidak menutup kemungkinan ditambah lagi untuk diedarkan di masyarakat. Namun untuk jumlah tambahan belum bisa dipastikan waktunya. Karena menunggu kiriman dari Jakarta, dimana proses percetakannya dilakukan bertahap.

Selain proses percetakan yang bertahap, terang Hary, peredaran uang baru tidak dilakukan secara menyeluruh, karena uang lama masih berlaku. Dan diharapkan, dengan sudah beredarnya uang baru ini, nantinya uang lama secara tidak langsung mulai ditarik dari peredaran.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2125 seconds (0.1#10.140)