Jonan Minta Produksi Migas Blok Mahakam Harus Terjaga

Minggu, 12 Maret 2017 - 12:18 WIB
Jonan Minta Produksi Migas Blok Mahakam Harus Terjaga
Jonan Minta Produksi Migas Blok Mahakam Harus Terjaga
A A A
JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan akhir pekan ini meninjau Terminal Senipah, yang merupakan daerah operasi khusus pengolahan minyak dan gas yang dimiliki Total E&P Indonesie (TEPI) di Blok Mahakam, Kalimantan Timur. Dalam tinjauannya, Jonan meminta agar produksi migas di Blok Mahakam harus tetap terjaga.

Jonan memulai kunjungannya dengan melakukan peninjauan ke ruang pemantauan (control room) untuk mengetahui alur kerja dan proses mulai dari produksi hingga pengapalan. Dia menilai lingkungan dan iklim kerja di TEPI bagus, demikian juga dengan semangat kerja para pegawai.

"Saya lihat kalau kultur keselamatan bagus. Yang kedua, semangat kerja juga bagus, sangat disiplin," kata dia dalam rilisnya yang diterima SINDOnews, Jakarta, Minggu (12/3/2017).

Mantan Menteri Perhubungan ini pun kembali mengingatkan bahwa produksi minyak dan gas (migas) Blok Mahakam harus tetap dijaga walaupun umur lapangan sudah tidak muda lagi.

"Untuk produktivitas, banyak sumur (yang dikelola) TEPI, walaupun sudah lama, ada yang 40 tahun, dari tahun 1974, yaitu Lapangan Bekapai, tetap dijaga, dipertahankan kapasitas produksinya agar tetap baik," imbuhnya.

Dia berharap, proses transisi pengelolaan Blok Mahakam dari Total ke Pertamina tidak akan membuat produksi di blok migas tersebut turun. Pemerintah akan menerbitkan aturan terkait hal ini.

"Kalau pemerintah inginnya produksi naik terus, walaupun banyak fasilitas yang sudah mulai tua. Untuk transisi, harus tidak ada gangguan di produksi dan kegiatan terkait. Nanti pemerintah akan bikin peraturan segera supaya kapasitas produksinya tidak turun, " tandas Jonan.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6598 seconds (0.1#10.140)