Jokowi Rayu Konglomerat Korsel Investasi di Indonesia

Selasa, 14 Maret 2017 - 11:25 WIB
Jokowi Rayu Konglomerat Korsel Investasi di Indonesia
Jokowi Rayu Konglomerat Korsel Investasi di Indonesia
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini hadir dalam Indonesia-Korea Business Summit 2017. Dalam kesempatan tersebut, mantan Gubernur DKI Jakarta ini merayu bos-bos konglomerat (chaebol) asal Korea Selatan (Korsel) untuk menanamkan modalnya di Tanah Air.

Dia memanfaatkan acara ini untuk mempromosikan peluang investasi di empat sektor utama Indonesia kepada bos-bos konglomerat (Chaebol) asal Korea Selatan. Adapun empat sektor tersebut di antaranya di sektor-sektor industri, pariwisata, energi dan ekonomi kreatif.

Menurutnya, investasi Korsel dalam sektor manufaktur pun sudah cukup besar. Perusahaan-perusahaan Korea Selatan telah banyak masuk ke Indonesia ditandai dengan kontribusi mencapai 71% dari total investasi selama lima tahun terakhir periode tahun 2012-2016 sebesar USD7,5 miliar.

"Korea Selatan merupakan investor terbesar ketiga yang masuk ke Indonesia setelah Singapura dan Jepang. Ke depan kami berharap Korea Selatan dapat terus meningkatkan penanaman modalnya,” katanya di Hotel Shangri-La, Jakarta, Selasa (14/3/2017).

Mantan Walikota Solo ini menambahkan, Korea Selatan juga telah menjadi salah satu mitra dagang terbesar Indonesia dnegan volume perdagangan mencapai USD16 miliar pada tahun 2015. Sektor-sektor Iainnya yang juga potensial adalah sektor ekonomi kreatif, energi dan pariwisata.

Khusus ekonomi kreatif, Jokowi secara khusus berharap ada kerja sama yang konkret melalui investasi yang dilakukan oIeh investor Korea Selatan. ”Mereka (investor korsel) terkenal dengan K-Popnya, ditambah dengan kekayaan budaya yang dimiliki oleh Indonesia. Saya optimistis bahwa kerjasama kedua negara dapat saling menguntungkan," tandasnya.

Hadir para chaebol di perusahaan-perusahaan papan atas Korea Selatan seperti Sohn Kyung-Shik (Chairman C! Group), Chung .Iin Haeng (President of Hyundai Motor Group), Cho Yangho (Chairman Korean Air), Kwon Ohjoon (Chairman Posco), JK Shin (President Samsung), 5. Icon Kim (Chairman and CEO Ssangyong E&C), Park Jin Soo (CEO LG Chem) maupun Lee Soo-Man (Chairman 5M Entertainment Group).

Dalam kegiatan yang juga dihadiri oleh lebih 500 peserta tersebut juga ditandatangani Nota Kesepahaman promosi investasi antara Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dengan Korea Trade and Investment Agency (KOTRA).
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7004 seconds (0.1#10.140)