Pasar Berharap DK OJK Baru Bawa Indonesia ke Pasar Asia

Selasa, 14 Maret 2017 - 22:42 WIB
Pasar Berharap DK OJK Baru Bawa Indonesia ke Pasar Asia
Pasar Berharap DK OJK Baru Bawa Indonesia ke Pasar Asia
A A A
JAKARTA - Chief Economist CIMB Niaga Adrian Panggabean mengatakan, dengan terpilihnya anggota DK OJK yang baru, para pelaku pasar umumnya berharap bahwa kedepannya Indonesia bisa menjadi salah satu pusat industri keuangan terpenting di Asia. Pelaku pasar juga ingin melihat industri perbankan yang sehat, kokoh, namun dinamis dalam menangkap peluang bisnis global.

"Selain itu, pelaku pasar ingin bisa berkiprah dalam industri pasar modal, investasi, dan asuransi, yang bukan hanya teregulasi dengan baik namun juga industri yang mampu menciptakan produk-produk keuangan yang canggih namun aman dan inklusif sesuai dengan pesat naiknya kebutuhan akan produk-produk finansial yang lebih beragam," jelas dia saat dihubungi KORAN SINDO, Selasa (14/3/2017).

Dengan demikian, diharapkan akan lahirnya mekanisme pembebanan iuran jasa keuangan yang tidak membebani industri.

Senior Economic Analyst Kenta Institute Eric Alexander Sugandi menilai, ada beberapa kandidat yang kurang punya latar belakang praktisi untuk tangani Industri Keuangan Non-Bank (IKNB).

"Saya lihat kurang calon yang mempunyai latar belakang praktisi untuk tangani IKNB. Namun saya percaya 21 nama ini kredibel dan punya kapabilitas jika terpilih," kata dia.

Akan tetapi, lanjutnya, seandainya para kandidat tersebut belum cukup pengalaman di bidang tugasnya, mereka (kandidat DK OJK) mempunyai banyak staf birokrasi OJK yang bisa membantu transfer pengetahuan.

"Jadi saya tidak terlalu khawatir soal background," imbuhnya. Tetapi yang jelas, sambung Eric, dengan dimasukkannya profesional non-partisan, OJK nantinya diharapkan bisa lebih independen dari tekanan pemerintah dan parlemen dalam lakukan fungsi sebagai regulator.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6763 seconds (0.1#10.140)