Pelindo IV Ingin Pemda di KTI Ciptakan Ekspor Langsung

Rabu, 05 April 2017 - 22:12 WIB
Pelindo IV Ingin Pemda...
Pelindo IV Ingin Pemda di KTI Ciptakan Ekspor Langsung
A A A
JAKARTA - PT Pelindo IV meminta dukungan pemerintah daerah di Kawasan Timur Indonesia untuk mendorong ekspor langsung, yang selama ini dikembangkan oleh PT Pelindo IV. Dukungan tersebut berupa kemudahan pengurusan dokumen seperti bea cukai serta hal lain terkait administrasi pelabuhan yang berkaitan dengan pemerintah daerah setempat.

"Dengan ekspor langsung akan menguntungkan pemerintah daerah setempat. Selama ini pengembangan melalui ekspor langsung masih kurang dukungan dari sisi soft infrastruktur atau dari sisi administrasi," kata Direktur Utama PT Pelindo IV Doso Agung, dalam keterangan resmi yang diterima SINDOnews, Rabu (5/4/2017).

Rapat kerja bersama pemerintah daerah di Kawasan Timur Indonesia tersebut dihadiri delapan Gubernur diantaranya Gubernur Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Kalimantan Timur, Maluku, Papua Serta Papua Barat.

Doso menjelaskan, delapan daerah tersebut memiliki potensi dan bisa dikembangkan berdasarkan karakter masing-masing daerah. Misalnya, di Sulawesi Utara dengan potensi pariwisata yang besar saling terkait dengan Sulawesi Selatan melalui pintu masuk pelabuhan.

"Itu dari sisi pariwisata, untuk ekspor, Pemerintah Daerah Sulut yang rencana membuka keran ekspor dari Bitung ke Davao Filipina sejalan dengan cita-cita kami di Pelindo IV, yakni ekspor langsung tanpa harus melalui Surabaya atau Jakarta lagi," ucap dia.

Selain dukungan kemudahan administrasi, Doso juga berharap pemerintah daerah bisa menerapkan kegiatan ekspor langsung mengandalkan Pelabuhan Pelindo IV dengan mewajibkan pengusaha melakukan kegiatan ekspor langsung. "Kalau perlu pengusaha dibuatkan aturan supaya diwajibkan ekspor. Pelabuhan yang kami kelola memungkinkan untuk direct ke negara tujuan," jelas dia.

Gubernur Sulawesi Tenggara, Nur Alam yang tampil sebagai pembicara dalam diskusi panel itu, mendorong Pelindo IV segera mengoperasikan Kendari New Port (KNP). Dia beralasan, dengan beroperasinya KNP maka potensi daerah tersebut bisa tersalurkan.

"Saya mendukung program Pelindo IV melalui ekspor langsung ke berbagai negara. Namun, untuk ke arah sana, kami minta supaya KNP bisa segera terwujud. Kalau perlu, saya turun langsung untuk pengurusan Amdal," tegas dia.

Komisaris Utama Pelindo IV, Agus Purwoto mengapresiasi atas penyelenggaraan Rapat Kerja tersebut, dan berharap masalah yang berkaitan dengan administrasi bisa diterapkan oleh pengambil keputusan di daerah. "Salah satu program unggulan dari Pelindo IV dengan direct call tanpa harus singgah ke pelabuhan di Surabaya dan Jakarta, saya kira ini akan meningkatkan perekonomian masing-masing daerah jika didorong dengan massif," ujar dia.

Dia menambahkan, melalui rapat kerja tersebut, Pelindo IV mendapatkan berbagai masukan yang berkaitan dengan infrastruktur kepelabuhanan di daerah, terutama yang berkaitan dan bersinggungan dengan administrasi di daerah.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0672 seconds (0.1#10.140)