Kelebihan Pasokan, PLN Putuskan Proyek HVDC 500 kV Tetap Berjalan

Senin, 10 April 2017 - 17:31 WIB
Kelebihan Pasokan, PLN Putuskan Proyek HVDC 500 kV Tetap Berjalan
Kelebihan Pasokan, PLN Putuskan Proyek HVDC 500 kV Tetap Berjalan
A A A
JAKARTA - PT PLN (Persero) menyatakan keputusan untuk membangun kembali proyek jaringan transmisi daya arus searah (High Voltage Direct Current/HVDC) 500 kilovolt (kV), yang menghubungkan Pulau Jawa dengan Sumatera adalah semata untuk memanfaatkan kelebihan pasokan listrik yang ada di Pulau Jawa. Nantinya, transmisi tersebut akan mengalirkan pasokan listrik berlebih dari Jawa ke Sumatera.

Direktur Perencanaan PLN Nicke WIdyawati mengungkapkan, proyek HVDC 500 kV telah dimasukkan dalam Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) PLN Periode 2017-2026. Transmisi tersebut akan dibalik posisinya dari rencana awal, yaitu dari sebelumnya akan mengaliri listrik dari Sumatera ke Jawa, kini akan mengirim listrik dari Jawa ke Sumatera.

"Sudah didalam RUPTL sudah ditetapkan begitu (proyek HVDC 500kV). Karena itu kan kita berlebih posisinya. Ketika itu dibangun, posisinya di balik. Kita kirim listrik ke Sumatera," katanya di Gedung Ditjen Ketenagalistrikan, Jakarta, Senin (10/4/2017).

Menurutnya, pengiriman listrik dari transmisi bawah laut tersebut akan disesuaikan dengan kebutuhan dan dengan menggunakan prinsip interkoneksi. Jadi, saat Sumatera kekurangan pasokan listrik maka akan dikirim dari Jawa. Sementara jika di Jawa bermasalah maka akan disuplai dari Sumatera.

"Karena gini, prinsip interkoneksi itu bukan mengalirkan listrik murah, tapi memback-up dua sistem besar. Ketika di Jawa ada masalah di suplai dari Sumatera. Ketika Sumatera ada masalah Jawa suplai. Hanya itu saja," tandasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0949 seconds (0.1#10.140)