Pelindo IV-Pemprov Papua Lepas Ekspor Langsung ke China

Selasa, 11 April 2017 - 11:00 WIB
Pelindo IV-Pemprov Papua...
Pelindo IV-Pemprov Papua Lepas Ekspor Langsung ke China
A A A
JAKARTA - PT Pelindo IV memfasilitasi ekspor langsung sebanyak 100 kontainer komoditi hasil hutan Provinsi Papua ke China. Ekspor hasil hutan yang dilepas langsung Gubernur Papua, Lukas Enembe bersama jajaran dan Direksi Pelindo IV itu diharapkan mampu mendatangkan pendapatan Rp20 miliar.

Direktur Utama PT Pelindo IV, Doso Agung mengatakan, pihaknya akan terus mendatangkan kapal asing untuk melakukan ekspor langsung dalam rangka mengangkut komoditas hasil bumi masyarakat Papua.

"Ekspor langsung ini untuk mendorong perekonomian daerah kelolaan pelabuhan PT Pelindo IV ke sejumlah negara. Kegiatan ekspor langsung ini akan kita dorong terus, terutama di Pelabuhan kelolaan PT Pelindo IV," kata Doso dalam rilisnya, Jakarta, kemarin.

Salah satu rencana Pelindo IV ke depan di Provinsi Papua dengan mendatangkan kapal langsung dari Australia membuka pasar rumput laut. "Ini akan kami coba ke depan dengan membuka pasar rumput laut melalui ekspor langsung nantinya," tutur dia.

Gubernur Provinsi Papua Lukas Enembe mengapresiasi langkah Pelindo IV yang telah melakukan kegiatan ekspor langsung ke luar negeri. Dia berharap kegiatan ekspor langsung mampu membuka pasar, sehingga Papua bisa lebih dilirik para investor.

Lukas juga meminta ekspor langsung tidak hanya mengangkut komoditas hasil hutan berupa kayu, namun juga komoditas lain di papua seperti kopi, coklat serta sektor perikanan. "Saya kira ini kesempatan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat Papua. Dengan kekayaan komoditi di Papua menunjukkan kami tidak miskin," ujarnya.

Pada pelepasan ekspor langsung (direct ekspor) tersebut dirangkai kegiatan groundbreaking perpanjangan pembangunan dermaga di pelabuhan Jayapura dalam rangka peningkatan kapasitas sandar kapal di pelabuhan tersebut.

Sementara, dalam rangka menjamin ketersediaan pasokan dan stabilisasi harga semen dan pupuk di Provinsi Papua, Pelindo IV telah melakukan perjanjian kesepahaman bersama BUMN PT Semen Tonasa dan PT Pupuk Kaltim mengangkut pasokan langsung semen dan pupuk melalui rute Makassar-Jayapura.

Rute tersebut mampu memangkas harga semen hingga 15%. "Kami telah merintis rute reguler pelayaran baru Makassar-Papua-Makassar sehingga tidak perlu mutar lagi ke Surabaya. Jadi akan ada efisiensi harga sekitar 15%," ungkap Doso.

Dia mengungkapkan, rute baru tersebut akan menekan penghematan 40% tarif logistik tanpa harus melalui Semarang dan Surabaya dengan waktu empat sampai lima hari. "Tentu saja kalu memutar ke Semarang dan Surabaya ongkos selama empat lima hari itu biayanya besar dibanding rute langsung," ujarnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1387 seconds (0.1#10.140)