Bea Cukai Semarang Kenalkan KITE IKM ke Pengusaha Mebel

Kamis, 04 Mei 2017 - 11:10 WIB
Bea Cukai Semarang Kenalkan...
Bea Cukai Semarang Kenalkan KITE IKM ke Pengusaha Mebel
A A A
JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melalui Bea Cukai meluncurkan fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor untuk Industri Kecil dan Menengah (KITE IKM) yang dapat mendukung industri skala kecil dan menengah dalam negeri untuk meningkatkan ekspor.

Mendorong optimalisasi penggunaan fasilitas ini, Bea Cukai semakin gencar mengenalkan KITE IKM kepada para pengusaha, termasuk pengusaha mebel dan kerajinan.

Bea Cukai Semarang berkesempatan mempresentasikan fasilitas KITE IKM kepada Himpunan Pengusaha Mebel dan Kerajinan Indonesia (Himki) yang tengah menggelar acara Gathering Anggota DPD Himki Semarang Raya, kermarin.

Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Semarang, Budi Sulistiyo mengungkapkan, pada acara yang merupakan ajang berkumpul para pengusaha mebel dan kerajinan di wilayah Semarang dan sekitarnya untuk mempererat tali silaturahmi antar pengusaha sekaligus membahas isu-isu aktual dan peraturan terbaru terkait perdagangan dan ekspor impor mebel dan kerajinan ini.

Atas dasar itu, Bea Cukai mengajak para pengusaha untuk memanfaatkan fasilitas KITE IKM demi meningkatkan daya saing ekspor mebel dan kerajinan. "Jadi dengan adanya KITE IKM ini, para pengusaha tidak perlu lagi khawatir untuk impor bahan baku, mesin, maupun barang contoh. Karena pemerintah akan memberikan subsidi bea masuk dan PPN impor sebesar Rp350 juta untuk industri kecil dan Rp1 miliar untuk industri menengah," ujar Budi.

Beberapa pengusaha mebel dan kerajinan yang hadir tampak sangat antusias menyimak pemaparan tentang KITE IKM ini. Salah seorang pengusaha mebel dari Jepara yang turut hadir dalam acara ini, Sasmi, berpendapat bahwa bagi para pengusaha fasilitas kemudahan impor terutama untuk bahan baku dan mesin diharapkan dapat membawa angin segar di sektor industri mebel dan kerajinan.

"Jujur kami sebagai pengusaha mebel di Jepara sempat putus asa dengan prospek industri mebel akhir-akhir ini. Tapi dengan adanya KITE IKM ini, saya pribadi jadi seperti mendapatkan pencerahan dan semangat lagi membangun usaha kami," tutur Sasmi.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0163 seconds (0.1#10.140)