Jokowi Buka Rakornas Kemaritiman 2017

Kamis, 04 Mei 2017 - 11:32 WIB
Jokowi Buka Rakornas Kemaritiman 2017
Jokowi Buka Rakornas Kemaritiman 2017
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kemaritiman 2017 yang digelar Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman. Rapat yang digelar di Gedung Sasana Kriya, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) ini dihadiri para menteri Kabinet Kerja dan para gubernur se-Indonesia.

Dalam sambutannya, Jokowi mengungkapkan bahwa pemerintah selama ini terus melakukan terobosan untuk mengejar ketertinggalan Indonesia di sektor maritim. Selain itu, pemerintah juga selalu mencari cara untuk membangkitkan kembali potensi kelautan Indonesia.

"Pemerintah terus melakukan terobosan untuk mengejar ketertinggalan kita dengan negara lain, dan untuk membangkitkan potensi kelautan kita agar manfaat bisa dirasakan sebesar-besarnya oleh rakyat kita," katanya di Gedung Sasana Kriya TMII, Jakarta, Kamis (4/5/2017).

Sementara itu, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengemukakan bahwa Rakornas ini mengambil tema "Poros Maritima Dunia". Menurutnya, Rakornas ini baru pertama kali dilaksanakan setelah Presiden Jokowi mencanangkan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

"Ini adalah pertama kali setelah Perpres Presiden keluar mengenai poros maritim," kata Luhut.

Dia menuturkan, sejak 1982 sudah tidak ada lagi pemahaman mengenai poros maritim di Indonesia. Letak strategis Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia membuat Indonesia tidak terlalu memperhatikan masalah kelautan di Tanah Air.

"Kemudian dituangkan di Perpres No 10/2015 tentang Kemenko bidang Kemaritiman dengan tugas mengkoordinasi dan mensinkronkan dalam penyelenggaraan pemerintahan di bidang maritim. Menyangkut sumber daya hayati, sumber daya alam, infrastruktur, logisti dan perhubungan. Dan baru kita sadari ternyata kita masih banyak bolong sana sini menyangkut hukum kemaritiman," terangnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7599 seconds (0.1#10.140)