Pusat Logistik Berikat Pertama di Semarang Segera Beroperasi

Jum'at, 05 Mei 2017 - 13:41 WIB
Pusat Logistik Berikat Pertama di Semarang Segera Beroperasi
Pusat Logistik Berikat Pertama di Semarang Segera Beroperasi
A A A
JAKARTA - Dalam rangka menurunkan dwelling time, Bea Cukai telah meluncurkan satu kemudahan berupa Pusat Logistik Berikat (PLB). Perkembangan PLB ini diharapkan dapat memberikan efek multiplier bagi Indonesia.

Salah satunya pemangkasan waktu tunggu bongkar muat pelabuhan atau dwelling time. Kali ini di Semarang, satu lagi PLB diluncurkan, yakni PT MSA Kargo yang baru saja diresmikan menjadi PLB akan mulai beroperasi pada 23 Mei 2017.

Kepala Sub Direktorat Tempat Penimbunan Berikat, Tatang Yuliono mengungkapkan bahwa saat ini PLB bukan lagi hanya wacana, namun program ini telah berjalan dan akan terus berkembang.

Program PLB saat ini sudah berjalan lebih dari setahun dan sampai April nilai barang yang ditimbun di PLB mencapai Rp1,6 triliun. Namun, jumlah ini masih tergolong kecil.

"Dan kami di Bea Cukai masih berusaha untuk terus memperluas jangkauan PLB sambil memetakan sektor industri mana saja yang bisa kami dukung dengan adanya fasilitas PLB ini. Misalnya, sektor IKM yang kami berikan fasilitas KITE IKM, maupun yang selama ini sudah berjalan seperti perusahaan-perusahaan Kawasan Berikat," papar Tatang.

Pendiri PT MSA Kargo Monang Sianipar mengungkapkan bahwa PLB PT MSA Kargo akan mulai beroperasi pada 23 Mei. Ke depan pihaknya juga berencana akan mendirikan PLB baru di beberapa lokasi lain di Indonesia, seperti Denpasar, Medan, Makassar, Solo, Jakarta, dan kota besar lainnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4986 seconds (0.1#10.140)