Tahun 2045, 85% Orang Indonesia Cari Nafkah di Kota

Selasa, 09 Mei 2017 - 21:34 WIB
Tahun 2045, 85% Orang Indonesia Cari Nafkah di Kota
Tahun 2045, 85% Orang Indonesia Cari Nafkah di Kota
A A A
JAKARTA - Tahun 2045 diperkirakan penduduk Indonesia akan mencapai 300-305 juta jiwa. Angka ini menjadi tantangan untuk pemerintah Indonesia lantaran diperkirakan di tahun tersebut, 85% orang-orangnya akan tinggal di kota dan sisanya di desa serta pesisir.

Lantas apa yang menjadi tantangannya? Pemerintah harus bisa memastikan bahwa yang tinggal di desa dan pesisir ini, kehidupannya layak dan tidak kekurangan. Karena mereka yang hidup di desa dan pesisir adalah penyedia komoditas pangan untuk yang di kota.

"Di beberapa pertemuan di Kemenko Perekonomian, kita tahu di tahun 2045, diperkirakan penduduk kita akan mencapai 300-305 juta jiwa yang 85% penduduknya ada di kota. Sisanya di desa dan sebagian di pesisir," kata Ketua Komite Tetap Perkebunan Rudyan Kopot di Menara Kadin Indonesia, Jakarta, Selasa (9/5/2017).

Dia meminta pemerintah untuk memberikan bantuan atau subsidi (nantinya) lebih serius kepada mereka yang hidup di desa dan pesisir, agar mata pencaharian di sana tidak hilang lantaran sudah banyak orang yang sibuk mencari pekerjaan di kota.

"Ini bagaimana kita bisa pertahankan yang di desa itu dan pesisir bisa ditingkatkan kehidupannya oleh pemerintah. Sehingga mereka bisa hidup layak kayak di kota dan bisa bekerja di sektor pertanian dan laut," katanya.

Maka, baik pemerintah maupun pengusaha, ujar Rudy, mengusahakan untuk reformasi agraria dengan cara berusaha melegalisasi petani-petani yang memiliki lahan, bisa memiliki sertifikat pengelolaan lahan mereka sendiri.

"Jadi yang punya lahan atau belum, terutama yang punya lahan tapi belum ada sertifikat, itu diusahakan untuk punya. Dan untuk mereka yang punya lahan juga, dialokasikan lahannya sebagian untuk mereka yang belum punya lahan, supaya mereka sama-sama bisa kerja," pungkasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7115 seconds (0.1#10.140)