Citi Indonesia Dorong Pengusaha Kecil Tingkatkan Literasi Keuangan

Kamis, 18 Mei 2017 - 06:05 WIB
Citi Indonesia Dorong Pengusaha Kecil Tingkatkan Literasi Keuangan
Citi Indonesia Dorong Pengusaha Kecil Tingkatkan Literasi Keuangan
A A A
JAKARTA - Citi Indonesia bersama Mercy Corps‎ Indonesia menyelesaikan program Financial Education and Empowerment goes Digital and Mobile (FEED Mobile) yang ditujukan kepada petani dan pengusaha mikro kecil di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Direktur Pengembang Inklusi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Eko Ariantoro mengatakan, OJK sangat mendukung dan memberikan apresiasi atas pelaksanaan program FEED Mobile yang diinisiasi oleh Mercy Corp Indonesia dan didukung oleh Citi Indonesia.

"Melalui program FEED Mobile ini diharapkan dapat memberikan pendidikan keuangan dan mengembangkan potensi pengusaha mikro-kecil di Indonesia. Khususnya kepada masyarakat di Kabupaten Indramayu,"‎ ujarnya di Jakarta, Rabu (17/5/2017).

OJK bersama Bank Indonesia, kata Eko, kerap berupaya agar tingkat literasi dan keuangan di Indonesia sejajar dengan tingkat Asia dan negara-negara lain di dunia. Selain itu, dia menilai pentingnya membudayakan kebiasaan bertransaksi melalui gadget.

Menurutnya, program singkat melalui gadget, masyarakat dapat dengan mudah mempelajari terkait jasa keuangan. ‎"Program yang bagus dan baik tentunya yang diciptakan oleh Mercy Corp," terang dia.

Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia, Elvera Makki mengungkapkan, program ini berhasil menjangkau para penerima manfaat dengan jumlah yang melebihi target. Hal itu dikarenakan pendekatan digital yang telah dilakukan.

"Digitalisasi merupakan tren yang menjadi bagian tak terpisahkan dari perkembangan dunia, hingga ke kota-kota kecil," ungkap wanita yang akrab disapa Vera ini.

Selain menerapkan digitalisasi sebagai fokus bisnis Citi, hal lain juga diimplementasikan kedalam kegiatan kemasyarakatan. "Termasuk program FEED Mobile ini," ‎ucapnya.

Dia mengungkapkan, dalam pelaksanaannya, FEED Mobile menggunakan dua metode. Yakni, pelatihan tatap muka dan penggunaan kanal digital sebagai alat pendukung.

"Sementara aplikasi Peduli Keuangan (PEKA) Android dan Peduli Keuangan (PEKA) sms berfungsi sebagai sarana penyebaran informasi, artikel, tips, anjuran pengelolaan keuangan dan pengembangan usaha serta sarana interaksi antar pengguna,"‎ terang dia.

Adapun program ini beserta paparan evaluasi keberhasilan diharapkan dapat menjadi katalisator bagi berbagai pihak untuk dapat melaksanakan hal serupa. FEED Mobile merupakan kegiatan pelatihan pendidikan keuangan dan pengembangan usaha bagi petani dan pelaku usaha mikro-kecil dengan menggunakan metode pelatihan dengan tatap muka dan kanal digital.

Dalam kegiatannya, program FEED Mobile bermitra dengan beberapa lembaga keuangan mikro, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas koperasi, UKM, perindustrian, perdagangan, badan ketahanan pangan dan penyuluhan pertanian (BKP3), dan lembaga masyarakat bangkir pelabuhan di Kabupaten Indramayu.‎
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5615 seconds (0.1#10.140)